Peranan Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) dalam pengembangan potensi sumber daya alam melalui Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL): penelitian deskriptif di Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat

Zein, Ali Hasan (2017) Peranan Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) dalam pengembangan potensi sumber daya alam melalui Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL): penelitian deskriptif di Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan membawa perubahan yang pesat, sehingga menimbulkan perubahan pada lingkungan. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) menjadi salah satu solusi yang dilakukan pada pembangunan dalam pengembangan masyarakat untuk mengurangi dampak negatif yang terjadi pada sumber daya alam. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan AMDAL pada Badan Pengelola Lingkungan Hidup dalam pengembangan potensi sumber daya alam. Dianalisis dari norma, konsep, dan perilaku sumber daya manusia yang terdapat di BPLHD Provinsi Jawa Barat. Teori peranan yang dikemukakan Levinson digunakan untuk menganalisis permasalahan dalam penelitian ini. Dalam pernyataannya, bahwa peranan mencangkup tiga hal meliputi norma yang menjadi peraturan untuk membimbing seseorang dalam bermasyarakat, konsep yang akan dilakukan individu dalam bermasyarakat sebagai organisasi, serta sebagai perilaku individu yang penting bagi struktur sosial masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tafsir atau interpretasi logika yang dihubungkan dengan konteks Pengembangan Masyarakat Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jawa Barat dalam pengembangan potensi sumber daya alam melalui Analisi Mengenai Dampak Lingkungan memiliki aturan baku yang dikeluarkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup, yaitu Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 08/2013, yang mengatur tentang aturan dan tata kelola, konsep yang dirumuskan, serta kinerja sumber daya manusianya. Badan Pengelola Lingkungan Hidup dalam pengembangan potensi sumber daya alam melalui analisis mengenai dampak lingkungan, berpengaruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sumber Daya Alam; AMDAL
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ali Hasan Zein
Date Deposited: 21 Nov 2018 02:35
Last Modified: 21 Nov 2018 02:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16826

Actions (login required)

View Item View Item