Penerapan PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) berbantuan simulasi PhET pada materi kesetimbangan kelarutan: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Rengasdengklok

Widyastuti, Fauziah (2018) Penerapan PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) berbantuan simulasi PhET pada materi kesetimbangan kelarutan: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Rengasdengklok. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis hasil belajar siswa pada setiap tahapan pembelajaran PDEODE berbantuan simulasi PhET, dan menganalisis hasil belajar siswa setelah pembelajaran PDEODE berbantuan simulasi PhET. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan desain penelitian one-shot case study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Rengasdengklok dengan jumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas peneliti dan siswa, LKS, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai kategori sangat baik dengan persentase rerata 93%. Kemampuan hasil belajar siswa pada setiap tahapan pembelajaran PDEODE berbantuan simulasi PhET pada materi kesetimbangan kelarutan mendapatkan nilai rerata sebesar 90%, dan nilai rerata tertinggi pada tahap predict dengan indikator menganalisis dan pada tahap observe dengan indikator mencipta dan menganalisis yaitu mendapat nilai rerata 95% dan nilai terendah pada tahap explain akhir dengan indikator mengevaluasi dan mencipta mendapat nilai rerata sebesar 81%. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah pembelajaran PDEODE mengalami pengembangan dengan nilai rerata sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut memperoleh nilai rerata sangat baik dengan nilai 91%, 89%, dan 87%. Dengan demikian penerapan PDEODE berbantuan simulasi PhET dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penerapan PDEODE; simulasi PhET; berpikir tingkat tinggi; kesetimbangan kelarutan;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 20 Nov 2018 02:04
Last Modified: 20 Nov 2018 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16824

Actions (login required)

View Item View Item