Pengaruh aktivitas siswa mengikuti Sekolah Diniyah terhadap kemampuannya membaca Alquran: penelitian di kelas 4, 5, 6 MDT Mutawaddi'in Kec Gekbrong - Kab Cianjur

Hoirunnisa, Hoirunnisa (2018) Pengaruh aktivitas siswa mengikuti Sekolah Diniyah terhadap kemampuannya membaca Alquran: penelitian di kelas 4, 5, 6 MDT Mutawaddi'in Kec Gekbrong - Kab Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (875kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pembuatan skripsi ini adalah masih terdapat siswa pada kelas 4, 5, 6 yang belum mampu dalam membaca Alquran. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kepala Sekolah MDT Mutawaddi’in, diketahui dari jumlah 100% terdapat 60% siswa mampu membaca Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dengan baik dan benar dan 40% siswa belum mampu membaca Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid atau dalam arti lain sekedar mampu membaca ayat Alquran saja. Penelitian ini bertolak dari pemikiran, bahwa kemampuan membaca Alquran dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas di Sekolah. Dari asumsi tersebut secara teoretis dapat diambil hipotesis, yakni terdapat pengaruh antara aktivitas siswa mengikuti Sekolah Diniyah terhadap kemampuannya membaca Alquran. Jika aktivitas siswa mengikuti Sekolah Diniyah baik dan tinggi, maka kemampuannya membaca Alquran akan baik dan tinggi. Demikian pula sebaliknya, jika aktivitas siswa mengikuti Sekolah Diniyah buruk dan rendah, maka kemampuanya mmbaca Alquran akan buruk dan rendah pula. Adapun rumusan masalah yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1).Bagaimana aktivitas siswa mengikuti Sekolah Diniyah di MDT Mutawaddi’in, (2).Bagaimana kemampuan siswa dalam membaca Alquran di MDT Mutawaddi’in, (3).Bagaimana pengaruh aktivitas siswa mengikuti Sekolah Diniyah terhadap kemampuannya membaca Alquran di MDT Mutawaddi’in. Selanjutnya tujuan penelitia ini adalah untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan dalam rumusan masalah. Kegunaan penelitian ini diharapkan memberikan sumbangan pemikiran dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia terutama berkaitan dengan pemikiran aktivitas siswa mengikuti Sekolah Diniyah terhadap kemampuannya membaca Alquran sekaligus sebagai bahan kajian dalam usaha perbaikan aktivitas pembelajaran Alquran di MDT Mutawaddi’in. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan tekniknya adalah observasi, angket, tes, studi pustaka dan wawancara. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus chi kuadrat dan korelasi product moment. Adapun langkah-langkah yang penulis lakukan untuk memudahkan jalannya analisis adalah melalui enam tahapan yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, koefisien korelasi, dan besarnya pengaruh. Hasil analisis penelitian ini menyimpulkan bahwa diperoleh data tentang aktivitas siswa mengikuti Sekolah Diniyah memiliki nilai rata-rata 4,16 termasuk dalam kategori baik sedangkan kemampuannya membaca Alquran memiliki nilai rata-rata 3,97 termasuk dalam kategori baik pula. Adapun koefisien korelasi diperoleh 0,52 atau 52%. Angka ini termasuk korelasi yang cukup sedang karena pada daerah interval 0,400-0,699. Adapun penentuan besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y menggunakan rumus k. dengan angka derajat tidak adanya korelasi (k) sebesar 0,85 dan ramalan besarnya pengaruh (E) sebesar 15%. Hal ini menggambarkan bahwa setiap peningkatan aktivitas siswa mengikuti Sekolah Diniyah akan berpengaruh sebesar 15% terhadap kemampuannya membaca Alquran. Sebaliknya diperkirakan 85% naik turunnya kualifikasi kemampuannya membaca Alquran dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa; Sekolah Diniyah; Kemampuan; Membaca; Alquran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hoirunnisa
Date Deposited: 22 Nov 2018 04:21
Last Modified: 22 Nov 2018 04:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16820

Actions (login required)

View Item View Item