Komparasi kemampuan kalkulus II dilihat dari latar belakang pendidikan mahasiswa dan dosen

Holiludin, Holiludin (2013) Komparasi kemampuan kalkulus II dilihat dari latar belakang pendidikan mahasiswa dan dosen. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berawal dari realita di lapangan bahwa mahasiswa baru angkatan 2012 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang masuk Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Matematika Sains memiliki latar belakang pendidikan berbeda yaitu : Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mahasiswa pendidikan matematika dan mahasiswa matematika sains mendapatkan salah satu matakuliah wajib yaitu kalkulus II pada tingkat pertama yang kerap kali dianggap sulit oleh mahasiswa. Dosen mata kuliah kalkulus II dibagi menjadi dua kategori yaitu Dosen berlatar belakang ilmu kependidikan yang mengajar di Program Studi Pendidikan Matematika dan dosen berlatar belakang sains yang mengajar di Program Studi Matematika Sains. Secara umum tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan kalkulus II mahasiswa pendidikan matematika dan mahasiswa matematika sains dilihat dari latar belakang pendidikan mahasiswa dan dosen. (2) mengkomparasikan kemampuan kalkulus II antara mahasiswa pendidikan matematika dan mahasiswa matematika sains dilihat dari latar belakang mahasiswa dan dosen. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu kausal komparatif yang bersifat expos facto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes dengan tujuan untuk membantu penulis dalam pengumpulan data. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Rata-rata nilai uji kemampuan kalkulus II mahasiswa pendidikan matematika yang berlatar belakang SMA, MA dan SMK dan diajar oleh dosen berlatar ilmu kependidikan berurut-turut yaitu 56,05 ; 36 dan 36,67. Adapun rata-rata nilai uji kemampuan kalkulus II mahasiswa matematika sains yang berlatar belakang SMA, MA dan SMK dan diajar oleh dosen berlatar sains berurut-turut yaitu 58,29 ; 53,5 dan 32,78. (2) Dari analisis statistika dengan menggunakan uji t didapat bahwa : (a) kemampuan kalkulus II mahasiswa matematika sains berlatar belakang SMA yang diajar oleh dosen berlatar sains tidak lebih baik atau sama dengan kemampuan kalkulus II mahasiswa pendidikan matematika berlatar belakang SMA yang diajar oleh dosen berlatar ilmu kependidikan. (b) kemampuan kalkulus II mahasiswa matematika sains berlatar belakang MA yang diajar oleh dosen berlatar sains lebih baik daripada kemampuan kalkulus II mahasiswa pendidikan matematika berlatar belakang MA yang diajar oleh dosen berlatar ilmu kependidikan. (c) kemampuan kalkulus II mahasiswa matematika sains berlatar belakang SMK yang diajar oleh dosen berlatar sains tidak lebih baik atau sama dengan kemampuan kalkulus II mahasiswa pendidikan matematika berlatar belakang SMK yang diajar oleh dosen berlatar ilmu kependidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kalkulus II; latar belakang pendidikan mahasiswa dan dosen;
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2016 07:14
Last Modified: 06 Aug 2019 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item