Penerapan model pembelajaran dramatic learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS: penelitian tindakan kelas IV di MI YLPI 'Ibaadurrahman

Risalati, Nur (2018) Penerapan model pembelajaran dramatic learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS: penelitian tindakan kelas IV di MI YLPI 'Ibaadurrahman. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Dramatic Learning di kelas IV MI YLPI ‘Ibaadurrahman Kota Sukabumi. Penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif menjadi salah satu penyebab kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Guru masih menggunakan metode konvensional metode ceramah serta penggunaan media pembelajaran yang bersumber hanya dari buku saja. Siswa hanya dituntut untuk mendengar, membaca dan menulis. Sehingga mengakibatkan siswa merasa jenuh dan tidak menyenangkan dalam kegiatan belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dari proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Dramatic Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Dramatic Learning, model pembelajaran dapat diartikan suatu cara penguasaan bahan-bahan melalui pengembangan dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan yang dilakukan oleh siswa dengan memerankan sebagai tokoh. Penggunaan model ini berasumsi akan meningkatkan aktivitas siswa, karena model ini mampu menjadikan siswa aktif dan terlibat langsung dalam materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 2 tindakan. Setiap tindakan terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi. Lembar observasi yang dilakukan pada guru dan siswa pada setiap proses pembelajaran. Lembar observasi guru dan siswa digunakan dalam setiap tindakan pada siklus. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan adanya peningkatan terhadap aktivitas siswa. Adapun hasil observasi aktivitas siswa pada prasiklus, aktivitas siswa mencapai sebesar 65,76% termasuk kedalam kategori sangat kurang. Setelah melakukan perbaikan pada siklus I tindakan I mencapai sebesar 66,73%, kemudian meningkat pada tindakan II mencapai sebesar 74,61% termasuk kedalam kategori cukup. Aktivitas siswa pada Siklus II tindakan I mencapai 83% termasuk kedalam kategori baik, kemudian pada tindakan II mencapai sebesar 93,11% termasuk kedalam kategori sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa model pembelajaran Dramatic Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI YLPI ‘Ibaadurrahman Kota Sukabumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial; Aktivitas Belajar Siswa; Dramatic Learning;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Risalati
Date Deposited: 16 Nov 2018 07:54
Last Modified: 16 Nov 2018 07:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16739

Actions (login required)

View Item View Item