Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di MI: penelitian tindakan kelas pokok bahasan perkalian kelas II MI Ibaadurrahman Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi

Ruhyadi, Siti Ghaida Sri Afira (2018) Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di MI: penelitian tindakan kelas pokok bahasan perkalian kelas II MI Ibaadurrahman Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Ibaadurrahman Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian dengan metode Jarimatika di kelas II MI YLPI Ibaadurrahman Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi, yang dilatarbelakangi rendahnya nilai matematika terutama pada pokok bahasan perkalian, karena guru kelas hanya menggunakan metode ceramah saja tanpa menggunakan alat peraga atau media pembelajaran apapun sehingga siswa merasa kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa serta keterlaksanaan proses pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian melalui penerapan metode Jarimatika untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II MI Ibaadurrahman Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi pada setiap siklus dan akhir siklus. Penelitian dengan metode jarimatika dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya. Serta memperbaiki proses pembelajaran, karena pembelajaran menggunakan metode jarimatika lebih menekankan pada penguasaan konsep terlebih dahulu lalu dipraktikkan, sehingga siswa dapat menguasai ilmu dengan matang dan dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang satu siklusnya terdiri dari dua tindakan. Setiap tindakan merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan metode Jarimatika terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya aktivitas guru dan aktivitas siswa pada setiap tindakan dan setiap siklusnya. guru pada siklus I tindakan I adalah 81,25%, terlihat meningkat pada siklus I tindakan II adalah 87,5%. Kemudian pada siklus II tindakan I semakin meningkat yaitu 93,75% dan pada siklus II tindakan II 100% terlaksana seluruhnya yang ada di lembar observasi. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I tindakam I yaitu 68%, sedikit peningkatan pada siklus I tindakan II yaitu 73%. Kemudian dilanjutkan siklus II tindakan I memperoleh 84%, dan pada siklus II tindakan II semakin meningkat menjadi 92%. Sedangkan hasil belajar dapat terlihat pada siklus I tindakan I memperoleh nilai rata-rata 62,36, kemudian pada siklus I tindakan II memperoleh nilai rata-rata 65,75 dan pada siklus II tindakan I memperoleh nilai rata-rata 73,48 dan pada siklus II tindakan II memperoleh nilai 78,18.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa; Matematika; Metode Jarimatika;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ghaida Sri Afira Ruhyadi
Date Deposited: 16 Nov 2018 07:30
Last Modified: 16 Nov 2018 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16729

Actions (login required)

View Item View Item