Pelaksanaan peraturan daerah no 9 tahun 2010 tentang perubahan peraturan daerah Kabupaten Bandung no 3 tahun 2004 tentang pelarangan peredaran dan penggunaan minuman beralkohol

Astuti, Wahyuni Fuji (2018) Pelaksanaan peraturan daerah no 9 tahun 2010 tentang perubahan peraturan daerah Kabupaten Bandung no 3 tahun 2004 tentang pelarangan peredaran dan penggunaan minuman beralkohol. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

Agar terciptanya keamanan, ketertiban dan untuk mencapai kemaslahatan masyarakat, pemerintah kabupaten bandung menerbitkan peraturan daerah Kabupaten Bandung No 9 Tahun 2010 Tentang Perubahan Peraturan Daerah No 3 Tahun 2004 Tentang Pelarangan Peredaran Dan Penggunaan Minuman Beralkohol guna melindungi masyarakat, namun pada kenyataanya masih jauh dari harapan. Penelitian ini dimaksudkanuntuk megetahui 1) pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Tentang Pelarangan Peredaran Dan Penggunaan Minuman Beralkohol, 2) Peran Instansi/Pemerintah setempat terhadap Pelaksanakan Peraturan Daerah, 3) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap Pelaksanaan Peraturan Daerah. Penelitian ini ditinjau dari siyasah dusturiyah dalam kaitannya pembuatan undang-undang dan lahirkan kebijakan penguasa yang berisi berbagai aturan untuk kehidupan masyarakat dalam bernegara yang sejalan dengan dasar-dasar ajaran dan roh syariat islam untuk mewujudkan kemaslahatan masyarakat, sebagaimana lahirnya kebijakan pemerintah dalam menerbitkan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Tentang Pelarangan Peredaran Dan Penggunaan Minuman Beralkohol. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Bahan hukum yang digunakan ialah data primer yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Tentang Pelarangan Peredaran Dan Penggunaan Minuman Beralkohol, keputusan presiden, dan wawancara kepada pihak-pihak yang menurut peneliti dapat memberikan informasi, data sekunder yaitu Al-Qur'an, data tersier yaitu buku-buku referensi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observsi, wawancara, dan stadi pustka. Penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Pelaksanaan Peraturan Daerah tentang Pelarangan Peredaran Dan Penggunaan Minuman Beralkohol telah dilaksanakan untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan minuman beralkohol, namun Peraturan Daerah ini tidak sepenuhnya terlaksana dengan baik karena banyaknya kendala. Pelaksanaan Peraturan Daerah didukung oleh instansi serta tokoh-tokoh masyarakat setempat dengan ikut berpartisifasi dalam mencapai masyarakat yang aman dan damai. Adanya kesesuaian Peraturan Daerah dengan siyasah dusturiyah yaitu terbentuknya pemerintah yang berusaha untuk terciptanya kemaslahatan masyarakat dan menolak kemadharatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan; Peraturan Daerah; Pelarangan Peredaran dan Penggunaan Minuman Beralkohol;
Subjects: Law > General Publications of Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: wahyuni astuti
Date Deposited: 16 Nov 2018 08:12
Last Modified: 16 Nov 2018 08:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16712

Actions (login required)

View Item View Item