Pola dakwah tuan guru: studi deskriptif pola dakwah tuan guru Haji Hasanain Juaini, MH. dalam rangka melestarikan lingkungan di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat

Aziz, Aulia Fathul (2018) Pola dakwah tuan guru: studi deskriptif pola dakwah tuan guru Haji Hasanain Juaini, MH. dalam rangka melestarikan lingkungan di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Tuan Guru adalah panutan bagi masyarakat sasak Lombok karena menjadi juru dakwah yang memiliki komitmen besar terhadap nilai-nilai kebenaran. Tuan Guru Haji Hasanain Juaini, MH., Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada Lombok Barat yang berdakwah dengan kerja nyata pelestarian lingkungan dan penghijauan di wilayah Nusa Tenggara Barat. Beliau sudah lama mengamati permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di kawasan Lombok. Karena kerusakan alam itu tidak jarang terjadi kekeringan di beberapa tempat dan berbagai bencana alam disebabkan kondisi alam yang tidak terawat. Kerja keras Tuan Guru Haji Hasanain Juaini, MH. untuk menyebarkan dakwah pelestarian lingkungan di Nusa Tenggara Barat telah diakui dan diapresiasi oleh Pemerintah Pusat. Pada tahun 2016 beliau menerima penghargaan Kalpataru katagori Pembina Lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pola dakwah Tuan Guru Haji Hasanain Juaini, MH. dalam rangka melestarikan lingkungan. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebiasaan-kebiasaan beliau, bagaimana kapasitas diri serta maksud dan tujuan aktivitas komunikasi beliau yang membentuk pola dakwah pelestarian lingkungan. Penelitian ini didasarkan pada asumsi sebuah teori pola yaitu ada 3 faktor yang membentuk pola komunikasi seseorang, yaitu (1) proses sejarah atau pengalaman masa lalu yang kemudian membentuk kebiasaan-kebiasaan yang menjadi bagian dari kepribadian, (2) kapasitas diri sebagai akibat dari faktor pendidikan, pelatihan serta pengalaman hidup diri seseorang dalam menempuh kehidupan, dan (3) maksud dan tujuan dari aktivitas komunikasi sehingga membawa kepada penyesuaian pesan, metode, dan media yang dipergunakan. Sedangkan metode penelitiannya adalah studi deskriptif, dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola dakwah pelestarian lingkungan Tuan Guru Haji Hasanain Juaini, MH. terbentuk berdasarkan (1) kepribadian yang menyampaikan apa yang beliau yakini dan telah beliau lakukan, siap menerima masukan dan kritikan serta melakukan langsung apa yang beliau anjurkan kepada mad’u. (2) Kapasitas diri beliau mendukung dalam mengeluarkan hukum fiqih lingkungan. (3) Tujuan dakwah beliau adalah untuk membuat semua orang melakukan pelestarian lingkungan terutama umat Islam. Faktor ketiga dari pembentuk pola dakwah beliau sangat dominan sebagaimana penyesuaian pesan, metode dan media yang beliau gunakan sesuai dengan pola dakwah transformatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tuan Guru; Pelestarian Lingkungan; Pesantren
Subjects: Islam > Islam and Natural Science
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aziz Aulia Fathul
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:13
Last Modified: 15 Nov 2018 06:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16688

Actions (login required)

View Item View Item