Usaha guru pengajian dalam meningkatkan pengamalan salat lima waktu pada murid Diniyah Takmiliyah Awaliyah: penelitian di DTA Masjid Baiturrohiem Ujung Berung Kota Bandung

Zakaria, Diki (2018) Usaha guru pengajian dalam meningkatkan pengamalan salat lima waktu pada murid Diniyah Takmiliyah Awaliyah: penelitian di DTA Masjid Baiturrohiem Ujung Berung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR-ISI.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB-I.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB-II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB-III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi ditemukan sebagai observasi awal ternyata masih ada Murid yang melakukan kegaduhan pada saat pelaksanaan fasolatan sedang berlangsung, di antaranya masih ada yang bermain-main, lari-lari, saling bercanda dengan temanya, dan saling mengejek. Bahkan ada yang datang ke pengajian tidak mengikuti salat berjamaah. Ketika ditanya, sudah melakukan salat di rumah, benar atau tidaknya hanya dia dan Allah Swt. Yang tau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada perumusan masalah, antara lain yaitu (1) Program Usaha guru pengajian dalam meningkatkan pengamalan salat lima waktu di DTA Baiturrohiem. (2) Pelaksanaan Usaha guru pengajian dalam meningkatkan pengamalan salat lima waktu di DTA Baiturrohiem. (3) Faktor pendukung dan kendala dalam meningkatkan pengamalan salat lima waktu di DTA Baiturrohiem. (4) Keberhasilan Usaha guru pengajian dalam meningkatkan pengamalan salat lima waktu di DTA Baiturrohiem. Skripsi ini sangat bermanfaat bagi penulis setelah dilakukannya pengkajian dalam penelitian, penulis mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru serta wawasan yang luas dalam pembelajaran upaya guru untuk meningkatkan pengamalan salat lima waktu pada Murid agar lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Masjid Baiturrohiem, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penelitian ini adalah: Dalam usaha pelaksanaan proses pembelajaran fasolatan di Madrsah Diniyah Takmiliyah Awaliyah, guru menggunakan usaha pembelajaran lain dengan Mengajar, Membimbing, Membiasakan, Meneladani, memberikan reward dan punismen, alhasil berjalan dengan efektif dan efisien dan Murid bisa lebih tertib dalam pelaksanaan fasolatan dengan baik dan benar sesuai menurut syara dan murid semakin lama semakin lancar bacaannya dan lebih benar gerakan salatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Usaha guru; Ibadah salat; Madrasah Diniyah;
Subjects: Arabic
Creation of God
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah SWT (Alloh SWT)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: diki zakaria
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:55
Last Modified: 14 Nov 2018 02:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16640

Actions (login required)

View Item View Item