Pengembangan media pembelajaran berupa buletin pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan literasi peserta didik

Widya, Irfani Nur (2018) Pengembangan media pembelajaran berupa buletin pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan literasi peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan media buletin pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIA 7 SMA Al Masoem Bandung, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media buletin pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIA 7 SMA Al Masoem Bandung, dan (3) peningkatan kemampuan literasi peserta didik kelas XI MIA 7 SMA Al Masoem Bandung pada materi gelombang bunyi menggunakan media berupa buletin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian uji coba produk berjumlah 27 orang peserta didik di kelas XI MIA 7 SMA Al Masoem Bandung. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (1) media buletin layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, (2) keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik dengan masing-masing presentase rata-rata keterlaksanaan sebesar 94% dan 91% dengan kategori sangat baik. (3) untuk peningkatan kemampuan literasi dapat dilihat dari nilai hasil analisis N-gain sebesar 0,6 dengan interpretasi peningkatan sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa media buletin layak digunakan sebagai bahan ajar di kelas dengan baik dan terdapat peningkatan terhadap kemampuan literasi peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media buletin; gelombang bunyi; kemampuan literasi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Irfani Nur Widya
Date Deposited: 13 Nov 2018 02:02
Last Modified: 13 Nov 2018 02:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16580

Actions (login required)

View Item View Item