Penerapan media mobile learning pada materi alat-alat otik untuk merningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik

Assyifa, Ghina Aghnia Nur (2018) Penerapan media mobile learning pada materi alat-alat otik untuk merningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media mobile learning pada materi alat-alat optik, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media proyektor pada materi alat-alat optik, (3) perbandingan peningkatan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan media mobile learning dengan yang menggunakan media proyektor pada materi alat-alat optik. Metode penelitian ini yaitu quasi experimental dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasinya peserta didik kelas XI SMAN 1 Rancaekek. Sampel penelitian kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3. Data penelitian diambil dari lembar observasi keterlaksanaan media mobile learning dan melalui pemberian pretest dan posttest menggunakan soal tes hasil belajar kognitif. Hasil analisis keterlaksanaan aktivitas guru dikelas eksperimen 88% dalam kategori sangat baik, di kelas kontrol 89% dalam kategori sangat baik sedangkan aktivitas peserta didik di kelas eksperimen 81% dalam kategori baik, di kelas kontrol 82% baik. Hasil analisis N-gain menunjukan hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen meningkat dalam kategori tinggi dengan nilai 0,75 sedangkan kelas kontrol meningkat dalam kotegori sedang dengan nilai 0,57. Hasil uji independent samples t test menunjukan nilai signifikansi yang dihasilkan = 5,406 dan = 1,67 dari data tersebut menunjukan bahwa > maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik antara yang menggunakan media mobile learning dengan media proyektor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: mobile learning; alat-alat optik; hasil belajar kognitif;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Hana Intan Permatasari
Date Deposited: 12 Nov 2018 06:06
Last Modified: 12 Nov 2018 06:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16559

Actions (login required)

View Item View Item