Penggunaan media pembelajaran game edukatif berbasis android untuk meningkatkan aspek kognitif peserta didik pada materi alat optik

Atikah, Kakah (2018) Penggunaan media pembelajaran game edukatif berbasis android untuk meningkatkan aspek kognitif peserta didik pada materi alat optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Aspek kognitif merupakan aspek utama dalam kurikulum pendidikan dan menjadi tolak ukur penilaian perkembangan anak. Aspek kognitif sangat berkaitan dengan nalar atau proses berpikir untuk mengembangkan kemampuan rasional. Realita di lapangan menunjukkan bahwa tingkat belajar peserta didik sangat rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik merasa jenuh dan bosan ketika belajar di kelas. Permasalahan lainnya adalah berubahnya gaya hidup peserta didik yang lebih menyukai permainan (game online) yang saat ini sangat mendunia. Sehingga peneliti bermaksud melakukan penelitian yang menggunakan media pembelajaran game namun bersifat edukatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran game edukatif pada materi alat-alat optik di kelas XI MIA 1 SMAN 1 Cicalengka; 2) peningkatan aspek kognitif peserta didik kelas XI MIA 1 SMAN 1 Cicalengka pada materi alat-alat optik menggunakan media pembelajaran game edukatif. Subjek penelitian ini berjumlah 32 orang peserta didik di kelas XI MIA 1 SMAN 1 Cicalengka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan peserta didik dengan masing-masing presentase sebesar 83% dan 85% berkategori baik. Sedangkan untuk peningkatan aspek kognitif dapat dilihat dari hasil analisis N-gain sebesar 0,64 dengan interpretasi sedang. Berdasarkan hasil peneitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran game edukatif berbasis android dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan aspek kognitif peserta didik pada materi alat optik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game edukatif; android; aspek kognitif; alat optik;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Kakah Atikah Atikah
Date Deposited: 12 Nov 2018 03:38
Last Modified: 12 Nov 2018 03:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16555

Actions (login required)

View Item View Item