Konsep pengembangan pendidikan Islami menurut Ahmad Tafsir: analisis Ilmu Pendidikan Islam

Abdusalam, Ahmad (2014) Konsep pengembangan pendidikan Islami menurut Ahmad Tafsir: analisis Ilmu Pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)

Abstract

Adapun masalah dari pendidikan Islam itu sendiri yakni kurang berkembangnya pendidikan Islam dibanding pendidikan Barat (umum), baik secara kualitas lembaga maupun secara kuantitas jumlah teori. Selain itu, terdapat dualisme dalam sistem pendidikan yang menyebabkan terjadinya dikotomi antara pendidikan Islam dan pendidikan umum. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui (1) definisi pengembangan pendidikan islami menurut Ahmad Tafsir; (2) urgensi pengembangan pendidikan islami menurut Ahmad Tafsir; (3) langkah-langkah pengembangan pendidikan islami menurut Ahmad Tafsir. Penelitian ini merujuk pada pendapat yang menyatakan bahwa pengembangan pendidikan islami merupakan cara untuk menyelesaikan permasalahan yang terdapat pada pendidikan Islam. Di dalam pengembangan pendidikan islami, terdapat kegiatan pengembangan teori pendidikan islami - yang di dalamnya termuat kegiatan; (1) menambah atau merevisi teori, (2) mengganti teori, (3) menemukan atau membuat teori, (4) membatalkan teori. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif mengenai konsep pengembangan pendidikan islami menurut Ahmad Tafsir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian analisis datanya menggunakan proses satuan, kategorisasi, penafsiran, serta menarik simpulan. Hasil penelitiannya yaitu, mengembangkan teori sekurang-kurangnya dapat berarti: 1) Merevisi atau menambah teori yang sudah ada, 2) Mengganti teori lama dengan teori baru, 3) Menemukan atau membuat teori, (4) membatalkan teori yang sudah ada. Dapat diketahui bahwa pengertian dari pengembangan teori merupakan pengertian dari pengembangan pendidikan, karena pengembangan teori merupakan wujud dari pengembangan pendidikan islami. Adapun mengenai urgensi pengembangan pendidikan islami, diharapkan keberadaan pengembangan pendidikan islami dapat menjadi solusi terselesaikannya berbagai permasalahan pendidikan islami, khususnya mengenai kualitas lembaga pendidikan islami, teori pendidikan islami, serta dualisme sistem pendidikan. Sedangkan mengenai langkah-langkah pengembangan pendidikan islami, yaitu: (1) melakukan perbaikan dalam segi pandangan umat muslim terhadap urgensitas perkembangan pendidikan islami; (2) melakukan pencerahan kepada umat muslim melalui pencerahan teori pendidikan islami. Terdapat beberapa hal yang perlu dipahami serta dipersiapkan untuk melakukan pencerahan teori pendidikan islami, yaitu: (1) syarat-syarat pengembangan ilmu pendidikan islami; (2) bentuk-bentuk pengembangan teori pendidikan islami; (3) metode pengembangan teori pendidikan islami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Islam; Tafsir
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 12 Nov 2018 18:00
Last Modified: 30 Apr 2019 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16536

Actions (login required)

View Item View Item