Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning pada materi alat-alat optik untuk meningkatkan aspek kognitif peserta didik

Alawiyah, Iil (2018) Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning pada materi alat-alat optik untuk meningkatkan aspek kognitif peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul elektronik berbasis problem based learning pada materi alat-alat optik di kelas XI IPA MA Al-Irfan Kabupaten Purwakarta, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis problem based learning pada materi alat-alat optik di kelas XI IPA MA Al-Irfan Kabupaten Purwakarta, (3) peningkatan aspek kognitif peserta didik kelas XI IPA MA Al-Irfan Kabupaten Purwakarta setelah menggunakan modul elektronik berbasis problem based learning pada materi alat-alat optik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh karena hanya ada satu kelas XI IPA yang berjumlah 32 orang peserta didik di MA Al-Irfan Kabupaten Purwakarta. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (1) modul elektronik layak digunakan dengan rata-rata sebesar 4,23 dengan kategori baik dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, (2) keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik dengan masing-masing persentase rata-rata keterlaksanaan sebesar 84% dan 83% termasuk kategori baik. (3) peningkatan aspek kognitif dapat dilihat dari nilai N-gain sebesar 0,71 dengan interpretasi peningkatan tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis problem based learning layak digunakan sebagai bahan ajar di kelas sehingga dapat terlaksana dengan baik dan terdapat peningkatan aspek kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul elektronik; alat-alat optik; aspek kognitif
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: IIL Wiya IIL ALAWIYAH
Date Deposited: 09 Nov 2018 07:15
Last Modified: 09 Nov 2018 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16532

Actions (login required)

View Item View Item