Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan metaphorical thinking: penelitian kuasi eksperimen di Kelas VII MTs Khusus Ciloa Limbangan Garut

Fahru, Nisa Hajar Nabilah (2018) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan metaphorical thinking: penelitian kuasi eksperimen di Kelas VII MTs Khusus Ciloa Limbangan Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pendekatan Metaphorical Thinking terhadap komunikasi matematis siswa : (a) gambaran aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan MT; (b) peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan yang menggunakan pendekatan MT lebih baik daripada konvensional berdasarkan pretest dan posttest; (c) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pendekatan MT dan yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan pengetahuan awal matematika (PAM); (d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan MT menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking mengalami peningkatan setiap pertemuannya (b) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan MT lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional (c) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang menggunakan pendekatan MT dan yang menggunakan pembelajaran konvensional (d) sikap siswa yang belajar dengan pendekatan MT secara umum sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika. Dengan demikian, pendekatan Metaphorical Thinking efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metaphorical Thinking;Kemampuan Komunikasi Matematis;Pengetahuan Awal Matematika (PAM)
Subjects: Applied mathematics
Applied mathematics > Mathematical Optimization
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Hajar Nabilah Fahru Nissa
Date Deposited: 22 Nov 2018 04:14
Last Modified: 22 Nov 2018 04:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16513

Actions (login required)

View Item View Item