Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan hubungan sosial di SMP FK Bina Muda Cicalengka

Farida, Nia (2018) Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan hubungan sosial di SMP FK Bina Muda Cicalengka. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan yang dialami siswa dalam menjalin hubungan sosial dengan teman sebayanya dapat menimbulkan masalah dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga dapat mempengaruhi prestasinya di sekolah. Melihat masa remaja yang sangat potensial dan dapat berkembang ke arah positif maupun negatif, maka, intervensi edukatif dalam bentuk bimbingan kelompok sangat diperlukan untuk mengembangkan potensi remaja tersebut agar berkembang ke arah positif dan produktif. Kemampuan bersosialisasi atau berkomunikasi seseorang sering terganggu oleh perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap yang tidak obyektif, sempit, dan terkungkung serta tidak efektif. Melalui bimbingan kelompok diharapkan mampu memberikan bantuan kepada individu agar dapat mengatur kegiatan-kegiatan hidup, mengembangkan sudut pandangnya, mengambil keputusannya sendiri dan menanggung bebannya sendiri serta dapat mengembangkan perkembangan sosial secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Pertama, untuk mengetahui karakteristik hubungan sosial antar teman sebaya pada peserta didik di SMP Fathul Khoir Bina Muda ;Kedua, mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya di SMP Fathul Khoir Bina Muda;Ketiga, untuk mengetahui hasil layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya di SMP Fathul Khoir Bina Muda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mendeskrifsikan hasil observasi dan wawancara langsung kepada pembimbing atau guru bimbingan konseling dan juga siswa kelas 8 A SMP Fathul Khoir Bina Muda Cicalengka yang memiliki hubungan sosial kurang baik dengan teman sebayanya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok peserta didik mengalami perubahan yang signifikan, remaja dapat menunjukan perubahan dan perilakunya sebagai berikut: pertama, terbuka dengan teman sebaya, kedua, interaksi menjadi lebih baik, ketiga, berempati sesama teman sebaya, keempat, memiliki sahabat dekat, dengan diberikannya layanan bimbingan kelompok peserta didik jadi memahami arti penting hubungan sosial dengan teman sebayanya, dipercaya oleh teman sebaya dalam posisi tanggung jawab tertentu ketika di sekolah, memiliki penyesuaian sosial yang baik dan keterampilan sosial yang baik dengan teman sebaya, berinteraksi dengan teman sebaya ketika di sekolah maupun diluar sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok; Hubungan sosial
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nia Farida
Date Deposited: 08 Nov 2018 09:20
Last Modified: 08 Nov 2018 09:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16510

Actions (login required)

View Item View Item