Penerapan metode Al-Qosimi untuk meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur'an pada mata pelajaran Qur'an Hadits: penelitian tindakan kelas di kelas III MI Nurul Yakin Cileunyi

Rosita, Rosita (2018) Penerapan metode Al-Qosimi untuk meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur'an pada mata pelajaran Qur'an Hadits: penelitian tindakan kelas di kelas III MI Nurul Yakin Cileunyi. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah, yaitu rendahnya kemampuan hafalan Al-Qur’an pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Hal tersebut dikarenakan guru belum menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran, maka untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode Al-Qosimi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) kemampuan hafalan AlQur’an siswa sebelum menggunakan metode Al-Qosimi; 2) penerapan metode AlQosimi dalam pembelajaran Qur’an Hadits pada setiap siklus; 3) kemampuan hafalan siswa setelah menggunakan metode Al-Qosimi pada setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya penggunaan metode pembelajaran yang tepat, diantaranya metode Al-Qosimi. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode Al-Qosimi diduga dapat meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penilitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menempuh langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan menggunakan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil kemampuan hafalan Al-Qur’an sebelum menggunakan metode Al-Qosimi masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 59. (2) penerapan metode Al-Qosimi pada mata pelajaran Qur’an Hadits pada setiap siklus berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan. Adapun rata-rata aktivitas guru pada siklus I 57% (Cukup Baik), pada siklus II 93% (Sangat Baik). Aktivitas siswa pada siklus I 66% (Baik), pada siklus II 91% (Sangat Baik). (3) hasil kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa setelah menggunakan metode Al-Qosimi mengalami peningkatan. Rata-rata hasil kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada siklus I adalah 73 (Baik), pada siklus II 86 (Sangat Baik). Adapun persentase ketuntasan belajar pada pra siklus yaitu 36%, siklus I 59%, dan siklus II 91%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode AlQosimi dapat meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an pada mata pelajaran Qur’an Hadits materi surat al-qari’ah di kelas III MI Nurul Yakin Cileunyi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur'an; Metode Al-Qosimi; Qur'an Hadits;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosita Rosita
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:33
Last Modified: 09 Nov 2018 02:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16499

Actions (login required)

View Item View Item