Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan di RA Ar-Rahmaan Margasari Ciawi Kabupaten Tasikmalaya

Muthmainah, Ai (2018) Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan di RA Ar-Rahmaan Margasari Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER aipasca.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1-ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2-DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2018.

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
4-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2018.

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2018.

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2018.

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2018.

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2018.

Download (504kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa akhir-akhir ini prilaku akhlak dan pembiasaan peserta didik sehari-hari RA yang rendah. Kecenderungan-kecenderungan perilaku akhlak peserta didik sehari-hari yang rendah bahwa dalam membentuk manusia yang memiliki moral baik (good moral person) bukanlah sesuatu yang tiba-tiba. Ia memerlukan suatu proses panjang yang membutuhkan suatu kondisi yang memungkinkan, seorang individu berperilaku sebagai sosok yang memiliki moral yang diharapkan (moral action). Karenanya, dalam penananman nilai-nilai Islam memerlukan suatu pembiasaan (habituation). Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tujuan, program, proses, faktor pendukung dan penghambat serta hasil penanaman nilai-nilai Islam melalui pembiasaan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini teorinya Aristoteles yang sudah dikembangkan oleh Aan Hasanah, bahwa Pembiasaan merupakan upaya praktis dalam pembinaan dan pembentukan peserta didik dengan tujuan, program, proses dan evaluasi. Upaya ini dilakukan mengingat manusia mempunyai sipat lupa dan lemah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik, yaitu mendeskripsikan fenomena yang ada di lapangan dengan metode pengumpulan data, wawancara, dan observasi dan dokumentasi. Dengan langkah analisisnya melalui reduksi data display data dan kongklusi data. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Tujuan penanaman nilai-nilai Islam mengacu pada visi misi dan standar pendidikan anak usia dini yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009 2) Programnya, berpedoman pada dokumen kurikulum RPPH RA Ar Rahman dilakukan dengan tahapan : Kegiatan rutin, kegiatan spontan, pemberian teladan, dan Kegiatan terprogram, 3) Prosesnya dengan melakukan pembiasaan, keteladanan, mengucapkan salam dan salim, minta maaf, minta tolong, mengucapkan terimakasih, berdoa sebelum dan sesudah, membuang sampah di tempatnya, hidup bersih, disiplin belajar, pembiasaan akhlak diri dan oranglain dengan cara terus menerus dan berkelanjutan pada anak setiap saat dan setiap hari, 4) Faktor pendukungyaitu materi, media, pendidik, peserta didik, sarana/prasarana dan waktu pembelajaran.Sedangkan factor penghambat nya adalah kurang dorongan orangtua 5) Hasilnya ditentukanlah tiga tingka tpencapaian perkembangan mengenai penanaman nilai-nilai agama Islam yaitu tingkat pencapaian perkembangan aqidah, akhlak dan ibadah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penanaman; Nilai-Nilai Islam; Anak Usia Dini; Pembiasaan
Subjects: Education > Sociology of Education
Customs and Personal Appearance
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shalahudin Ismail
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:41
Last Modified: 12 Jan 2022 05:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16434

Actions (login required)

View Item View Item