Konsep Pendidikan Islam (Perbandingan Menurut K.H. Hasyim Asy’ari dan K.H. Ahmad Dahlan)

Yusuf Ikhwani, Yusuf (1210202189) (2014) Konsep Pendidikan Islam (Perbandingan Menurut K.H. Hasyim Asy’ari dan K.H. Ahmad Dahlan). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan Islam pada saat ini belum mampu memberikan nuansa baru kepada peserta didik. Degradasi moral pun kian marak. Dalam mengatasi permasalahan itu tidak harus menemukan ide baru, akan tetapi bisa juga menghadirkan kembali tokoh-tokoh muslim yang bergelut dalam pendidikan Islam. Di Indonesia tokoh yang memiliki kontribusi besar dalam pendidikan Islam di Indonesia di antaranya adalah K.H Ahmad Dahlan dan K.H Hasyim Asy’ari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan, (2) mengetahui konsep pendidikan Islam menurut K.H. Hasyim Asy’ari, (3) mengetahui perbandingan konsep pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menggunakan metode komparasi yaitu metode dengan membandingkan ide-ide pemikiran dua tokoh ulama, kemudian dianalisis dengan menggunakan aspek teori filsafat pendidikan Islam dan ilmu pendidikan Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau library research yaitu penelitian yang dilakasanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) baik berupa buku,catatan, atau laporan hasil penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan menyelidiki benda-benda tertulis seperti (buku, karya ilmiah, jurnal,dll) yang didasarkan atas penelitian data.Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode content analisys atau analisa isi, yaitu data deskriptif hanya dianalisis menurut isinya saja. Dari penelitian ini didapatkan hasil kesimpulan bahwa konsep pendidikan Islam menurut K.H Ahmad Dahlan adalah memasukkan pendidikan agama Islam kedalam sekolah-sekolah yang didirikannya. Sedangkan konsep pendidikan Islam menurut K.H. Hasyim Asy’ari adalah mengajarkan ilmu-ilmu agama dan bahasa Arab, mulai dari tingkatan rendah sampai tingkatan tinggi, ini dibuktikan dengan di bangunnya pondok Pesantren Tebuireng yang menghasilkan para ulama besar. Perbandingan Konsep pendidikan Islam menurut K.H Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari menghasilkan persamaan dan perbedaan. Persamaan konsep pendidikan Islam yang dihasilkan adalah dasar atau landasan pendidikan Islam keduanya bersepakat bahwa dasar atau landasan pendidikan Islam harus kembali pada sumber primer umat Islam, yakni Al-Qur’an dan Hadits (sunah Rasul), sedangkan perbedaan konsep pendidikan Islam yang dihasilkan adalah tentang tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metode yang digunakan dalam pendidikan Islam, dan evaluasi pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan islam,k.h. hasyim asy'ari,k.h. ahmad dahlan,filsafat pendidikan islam
Subjects: Islam > Muslims Persons, Imams
Islam > Islamic Religious Education
Education > Philosophy and Theory of Education
Religious Leaders Biography > Islam Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:29
Last Modified: 16 Jun 2016 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item