Strategi mempertahankan citra lembaga melalui Intelligence Media Management: Analisis deskriptif kualitatif pada Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Apriliansyah, Rizky Nur (2018) Strategi mempertahankan citra lembaga melalui Intelligence Media Management: Analisis deskriptif kualitatif pada Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Citra sebuah lembaga menjadi salah satu harta yang bernilai tinggi bagi suatu lembaga manapun, lembaga yang baik tentu memiliki citra yang baik terutama lembaga pemerintahan di mata masyarakatnya. Peneliti memilih judul ini dikarenakan tertarik melihat keseriusan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mempertahankan citra mereka melalui kebijakan yang dipersiapkan dengan baik yang didasari data kuat agar kebijakan tersebut tidak keliru, pengumpulan data dibantu menggunakan Intelligence Media Management. Berdasarkan konteks di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan peneliti. Adapun pertanyaan tersebut adalah bagaimana penggunaan Intelligence Media Management dalam membantu proses pengumpulan data, bagaimana proses penentuan perencanaan pengambilan keputusan, bagaimana strategi Pemprov Jabar dalam menghadapi berita hoax dan pemberitaan negatif pada media, bagaimana hasil evaluasi saat ini mengenai penggunaan Intelligence Media Management dalam mempertahankan citra Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti berusaha memberikan deskripsi gambaran fakta apa yang ada di lapangan. Temuan yang diperoleh tidak menggunakan ukuran angka namun berupa deskripsi fakta yang ada. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa teori four step PR menurut Cutlip dan Center. Cutlip dan Center mengemukakan sebagai kegiatan komunikasi PR, proses operasional PR menyatakan ada empat tahapan yang harus dilakukan, diantaranya Fact Finding, Planning and Progamming, Communicating, Evaluating. Hasil penelitian menunjukkan setiap hari subbagian pelayanan media membuat laporan berupa pemberitaan negatif dan positif, hot news, top news serta media share, yang nantinya laporan akan diberikan kepada Gubernur untuk membantu dalam menentukan suatu kebijakan, Pemprov Jabar menciptakan sistem kerja cepat tanggap dalam menghadapi berita hoax dan menimalisir pemberitaan negatif. Hambatan yang dialami selama ini yaitu kurangnya sumber daya manusia dalam pengumpulan data menggunakan IMM, dan tidak tertampungnya semua aspirasi masyarakat, sejauh ini penggunaan Intelligence Media Management sangat membantu mempertahankan citra lembaga dalam proses pengumpulan data dan analisis, serta evaluasi program yang sudah ada atau membantu membuat kebijakan baru yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Citra; Intelligence Media Management; Pemprov Jabar
Subjects: Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rizky Nur Apriliansyah
Date Deposited: 28 Feb 2019 08:08
Last Modified: 28 Feb 2019 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16382

Actions (login required)

View Item View Item