Penerapan media simulasi tumbukan partikel dalam laju reaksi untuk mengembangkan kemampuan tiga level representasi kimia: penelitian deskriptif pada siswa XI MIA MA As-Suruur Kab.Bandung

Rifa'i, Aang Ahmad (2016) Penerapan media simulasi tumbukan partikel dalam laju reaksi untuk mengembangkan kemampuan tiga level representasi kimia: penelitian deskriptif pada siswa XI MIA MA As-Suruur Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III SAMBUNGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Laju Reaksi merupakan salah satu konsep yang pemahamannya mencakup representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Siswa seharusnya mempunyai kemampuan yang seimbang pada ketiga level representasi kimia. Perkembangan kemampuan representasi siswa pada konsep laju reaksi dapat dilakukan melalui penerapan media simulasi tumbukan partikel dengan tahapan pembelajaran 5M. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran, mengukur kemampuan tiga level representasi kimia dalam menyelesaikan lembar kerja pada setiap tahapan pembelajaran, dan mengukur kemampuan tiga level representasi siswa setelah selesai pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kelas, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIA di MA As-Suruur Kab. Bandung sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja, dan soal tes kemampuan tiga level representasi kimia. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran terlaksana sangat baik dengan pencapaian nilai 100. Kemampuan tiga level representasi kimia setelah penerapan media simulasi tumbukan partikel dalam konsep laju reaksi, melalui tahapan mengamati, tahapan menanya (69) dengan kategori cukup, tahapan mengumpulkan data(87,5)dan (81) dengan kategori sangat baik, tahapan mengasosiasi (87,5) dan (87,5) dengan kategori sangat baik serta 75 dengan kategori baik, dan yang terakhir pada tahapan mengkomunikasikan (62,5) dengan kategori cukup. Secara keseluruhan sudah baik dengan pencapaian nilai rata-rata sebesar 69,75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Media Simulasi Tumbukan Partikel; Representasi Kimia; Laju Reaksi;
Subjects: Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Nov 2018 01:52
Last Modified: 05 Nov 2018 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item View Item