Pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan keterampilan argumentasi Siswa pada konsep Asam Basa menggunakan Bahan Alam

Amrulloh, Fahmi (2018) Pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan keterampilan argumentasi Siswa pada konsep Asam Basa menggunakan Bahan Alam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-Caver.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kinerja praktikum siswa, dan menganalisis keterampilan argumentasi siswa pada pembelajaran berbasis masalah. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas one shot case study pada kelas VII SMP Al-Amanah Cileunyi Bandung yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 84%. Kinerja praktikum siswa pada konsep asam basa menggunakan bahan alam mencapai kategori sangat baik dengan persentase 87%. Keterampilan argumentasi siswa secara lisan berada pada level 3 dan dikategorikan memiliki argumentasi dengan sanggahan lemah sedangakan keterampilan argumentasi secara tertulis berada pada level 4 dan dikategorikan memiliki argumentasi dengan sanggahan yang jelas, karena dapat menghubungkan claim, evidence, reasoning dan rebuttal. Adanya argumentasi pada pembelajaran berbasis masalah pada konsep asam basa dan adanya kegiatan praktikum menggunakan bahan alam dapat mengembangkan keterampilan argumentasi siswa dengan baik. Dengan demikian pembelajaran berbasis masalah dapat mengembangkan keterampilan argumentasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah;keterampilan argumentasi;asam basa bahan alam
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: fahmi amrulloh
Date Deposited: 06 Nov 2018 04:03
Last Modified: 06 Nov 2018 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item View Item