Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep korosi

Rahmah, Alfia (2018) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep korosi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah merupakan situasi dimana peserta didik dihadapkan pada situasi masalah yang autentik atau nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, kinerja siswa, hasil belajar kognitif siswa, dan sikap siswa selama model pembelajaran berbasis masalah dilakasanakan pada konsep korosi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII IPA I SMAN CIBUAYA Karawang, sebanyak 38 orang. Instrumen yang diguankan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa, lembar observasi psikomotor siswa, lembar soal pretest dan posttest, dan lembar observasi afektif siswa. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tergolong sangat baik dengan rata-rata persentase keterlaksanaan mencapai 93 %. kinerja siswa yang diukur dengan lembar okservasi psikomor selama pembelajaran pun tergolong sangat baik dengan rata-rata nilai 92,6 dan dari hasil lembar kerja siswa di dapat rata-rata 88,2. peningkatan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran berbasis masalah diterapkan yang dilihat dari hasil uji hipotesis thitung = 35,57 lebih besar dari ttabel= 2,20. Dan dilihat dari N-gain peningkatan hasil belajar siswa tergolong dalam kategori tinggi dengan N-gain 0,71. Sikap siswa selama proses pembelajaran berbasis masalah diukur oleh lembar observasi afektif siswa, didapatkan nilai rata-rata 65 dengan kategori baik. Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, korosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; korosi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Alfia Rahmah
Date Deposited: 02 Nov 2018 04:01
Last Modified: 02 Nov 2018 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16342

Actions (login required)

View Item View Item