Manajemen kurikulum madrasah tsnawiyah Cokroaminoto Lebakwangi, Pagedongan, Banjarnegara, Jawa Tengah

Sofiah, Sofiah (2014) Manajemen kurikulum madrasah tsnawiyah Cokroaminoto Lebakwangi, Pagedongan, Banjarnegara, Jawa Tengah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Madrasah Tasnawiyah Cokroaminoto Lebakwangi, Pagedongan Banjarnegara, Jawa Tengah merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang mempunyai ciri khas dalam penerapan manajemen kurikulum pendidikan. Madrasah Tsnawiyah ini adalah madrasah yang berdiri pada tahun 1964 yang diprakarsai oleh tokoh pendidikan yakni K.H. Nawawi dengan dukungan penuh dari tokoh masyarakat. Didirikannya sekolah diniyah tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan warga masyarakat desa Lebakwangi dan sekitarnya untuk memiliki sebuah lembaga pendidikan agama diwilayahnya dan dipandang sangat strategis guna mengupayakan generasi Islam yang kompetitif, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dilembaga tersebut. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah didirikanya Madrasah Tasnawiyah Cokroaminoto Lebakwangi, konsep dan pelaksanaan manajemen kurikulum yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan, faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat, serta hasil yang dicapai dari pelaksanaan manajemen kurikulum yang diterapaknya. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pendidikan yang berkualitas tentunya memerlukan manajemen kurikulum dan pembelajaran yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif dengan pendekatan antropologi melalui wujud kebudayaan disamping melalui pendekatan sistem. Observasi, wawancara, dan studi dokumentasi/menyalin merupakan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan cara unitasi data, kategorisasi data, dan penafsiran kemudian dilanjutkan dengan uji absah data yang dilakukan dengan memperpanjang keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, kecukupan reverensi dan auditing untuk kriteria kepastian. Berdasarkan data yang ditemukan di MTs Cokroaminoto Lebakwangi dapat ditarik simpulan bahwa berdirinya Madrasah Tasnawiyah Cokroaminoto Lebakwangi mempunyai latar alamiah untuk membantu masarakat dalam membentuk dan meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, maka dilaksanakan kegiatan pendidikan dengan berpedoman kepada kurikulum nasional dan kurikulum KTSP. Sedangkan dalam pelaksanaan kurikulum dilakukan melalui kegiatan kurikuler, ekstra kurikuler, dan kokurikuler, yang tidak terlepas dari faktor penunjang dan faktor penghambat. Adapun hasil dari pelaksanaan manajemen kurikulum MTs Cokroaminoto Lebakwangi sedikitnya siswa hafal jusama, asmaul husna, serta perubahan dari nilai kognitif , afektif dan pesikomotor yang sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Madrasah; Tsanawiyah; Cokroaminoto;
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 01 Nov 2018 03:14
Last Modified: 01 Nov 2018 03:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16294

Actions (login required)

View Item View Item