Pengaruh lingkungan belajar di sekolah siswa terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam

Saepudin, Herman Kurnia (2018) Pengaruh lingkungan belajar di sekolah siswa terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar agar siswa termotivasi untuk belajar. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di SMP Triyasa Kota Bandung melalui observasi, penulis menemukan beberapa permasalahan yakni masih rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI terbukti dari siswa yang tidak menaruh perhatian pada mata pelajaran, siswa malas dalam belajar, membawa handphone ke sekolah dan memainkannya saat pembelajaran, siswa malas dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lingkungan belajar di sekolah di SMP Triyasa Kota Bandung, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, serta pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Triyasa Kota Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi belajar siswa di pengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya lingkungan belajar di sekolah. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan yakni semakin baik lingkungan belajar di sekolah, maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dan begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan adalah metode korelasional atau korelasi. Penelitian ini menggunakan random sampling dengan melibatkan 30 orang siswa kelas VII di SMP Triyasa Kota Bandung. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar di sekolah termasuk dalam kategori cukup atau sedang dengan skor rata-rata sebesar 3,16 berada pada kelas interval 2,60 – 3,39, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 3,46 berada pada kelas interval 3,40 – 4,19. Lingkungan belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI berkorelasi positif dan signifikan. Koefisien korelasi sebesar = 0,63, dengan thitung lebih besar dari t tabel yaitu 3,78 > 2,048. Dengan demikian, hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima, dan koefisien determinasi mencapai 40% yang artinya masih terdapat 60% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan belajar; Motivasi belajar; Belajar;
Subjects: Education > General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Herman Kurnia Saepudin
Date Deposited: 26 Oct 2018 09:06
Last Modified: 26 Oct 2018 09:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16177

Actions (login required)

View Item View Item