Pengaruh media pembelajaran e-AV berbasis website LMS (Learning Management System) terhadap penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa pada materi sistem ekskresi

Nurlaila, Linda (2018) Pengaruh media pembelajaran e-AV berbasis website LMS (Learning Management System) terhadap penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang rendahnya kemampuan penguasaan konsep siswa untuk mempelajari biologi, sehingga memerlukan suatu media pembelajaran yang juga mendukung siswa aktif belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-AV berbasis website LMS terhadap penguasaan konsep dan kemandirian belajar dilakukan pada kelas XI IPA 1 dan 3 tahun ajaran 2017/2018 dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan tes soal pilihan ganda sebanyak 25 soal untuk mengetahui penguasaan konsep, dan angket tertutup sebanyak 20 pernyataan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata indeks gain mencapai 0,41 % berkategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata indeks gain mencapai 0,22 % berkategori rendah. Berdasarkan analisis data tes akhir diperoleh pengujian hipotesis tes akhir dengan nilai thitung =5,84 > ttabel =1,99 pada taraf signifikansi 5%,. Kemandirian belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-AV berbasis website LMS memiliki rata-rata 3,65 dengan kualifikasi tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran e-AV berbasis website pada materi sistem ekskresi dapat mempengaruhi peningkatan penguasaan konsep dan menjadikan siswa belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Konsep; Kemandiriann Belajar; E-AV; LMS; Sistem Ekskresi;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: linda nurlaila
Date Deposited: 26 Oct 2018 07:40
Last Modified: 26 Oct 2018 07:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16140

Actions (login required)

View Item View Item