Penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem: penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas VII SMP Al-Hasan Bandung

Rabbani, Burhanudin (2018) Penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem: penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas VII SMP Al-Hasan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa terhadap nilai IPA kelas VII menunjukkan rata-rata nilai IPA berada dibawah nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, keterlaksanaan dan menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model Science Technology and Society (STS) pada materi Ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi perangkat pembelajaran model STS untuk RPP 87,5% sedangkan LDPD 86,55% dengan kriteria layak digunakan; (2) keterlaksanaan pembelajaran model STS pada lembar observasi guru rata-rata mencapai 87,7 % sedangkan pada lembar observasi siswa 79,85 % .(3) hasil belajar siswa memperileh KKM > 50% dan penguasaan materi cukup baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan dengan α 5% pada kelas VII A nilai thitung (88,61) > ttabel (2,07) dan Kelas VII B nilai thitung (94,73) > ttabel (2,07), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model STS dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada materi Ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan model; STS; Hasil Belajar;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Burhanudin Rabbani
Date Deposited: 29 Oct 2018 08:46
Last Modified: 29 Oct 2018 08:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16137

Actions (login required)

View Item View Item