Pengembangan bahan ajar berorientasi tiga level representasi kimia pada materi garam terhidrolisis

Hamidah, Didah (2018) Pengembangan bahan ajar berorientasi tiga level representasi kimia pada materi garam terhidrolisis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar berorientasi tiga level representasi kimia pada materi garam terhidrolisis. Penelitian ini terdiri atas tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, desain produk, dan evaluasi produk yang dilakukan melalui validasi serta uji coba terbatas. Metode penelitian menggunakan DBR dengan produk yang dihasilkan berupa bahan ajar yang memiliki karakteristik penyajian materi disampaikan menggunakan keterhubungan tiga level representasi kimia. Representasi makroskopik disajikan dengan menampilkan fenomena kontekstual dan fenomena berdasarkan hasil percobaan. Representasi submikroskopik disajikan melalui teks, gambar, dan video. Sedangkan representasi simbolik disajikan melalui persamaan reaksi kimia dan perhitungan. Mode representasi berupa teks termasuk persamaan reaksi dan rumus hitung, gambar dan video animasi. Validasi bahan ajar dilakukan melalui pertimbangan ahli materi dan ahli media. Sedangkan uji coba terbatas dilakukan pada 16 orang siswa menengah atas. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba terbatas, diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar berorientasi tiga level representasi kimia pada materi garam terhidrolisis layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; garam terhidrolisis; representasi kimia
Subjects: Education, Research
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Didah Hamidah
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:07
Last Modified: 25 Oct 2018 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16095

Actions (login required)

View Item View Item