Bahasa jurnalistik koran lampu hijau dalam perspektif pasal 4 kode etik jurnlaistik : analisis wacana model van dijk terkait berita pemerkosaan edisi januari 2016

Habiba, Ainun (2016) Bahasa jurnalistik koran lampu hijau dalam perspektif pasal 4 kode etik jurnlaistik : analisis wacana model van dijk terkait berita pemerkosaan edisi januari 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
6_BAB III.pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Koran Lampu Hijau merupakan koran yang diindikasi banyak melakukan pelanggaran-pelanggaran dalam memuat berita, baik dari sudut pandang bahasa maupun sudut pandang Kode Etik Jurnalistik. Pada berita pemerkosaan di rubrik berita kriminal, Koran Lampu Hijau menulis beritannya dengan menggunakan kata-kata dan kalimat yang terkesan vulgar, tidak relevan, terlalu bertele-tele, menerobos aturan yang sudah dibuat oleh Dewan Pers maupun kaidah-kaidah bahasa jurnalistik yang baik. Menganalisis teks menggunakan yang dipakai dalam memuat berita pemerkosaan merupakan tujuan dari penelitian ini. Selain itu, penelitian ini juga ingin melihat bagaimana keseseuaian berita tersebut bila ditinjau dari aturan Kode Etik Jurnalistik yang dibuat oleh Dewan Pers. Dengan demikian menarik untuk diteliti bagaimana koran Lampu Hijau mengabaikan aturan-aturan baku yang dibuat sebagai pegangan untuk ditaati media massa. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis yang bertujuan untuk membentuk kesadaran sosial untuk mengubah dan memperbaiki kondisi kehidupan manusia atas dasar kesadaran subyektif. Metode analisis wacana Teun A. Van Dijk digunakan dalam menyajikan dan menganalisis data penelitian. Dalam menganalisis wacana, teks diteliti atau dianalisis berdasarkan struktur makro, struktur mikro dan superstruktur. Selain itu berita penelitian dikaitkan dengan Kode Etik Jurnalistik menurut Dewan Pers. Hasil penelitian menunjukan, berdasarkan analisis teks Koran Lampu Hijau yaitu dalam struktur makro, superstruktur dan struktur mikro, Koran lampu hijau tidak menaati aturan dari Pasal 4 Kode Etik Jurnalistik yang dibuat oleh Dewan Pers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pasal 4;Kode Etik;Jurnalistik; Van Dijk;
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 03:02
Last Modified: 02 Nov 2018 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16091

Actions (login required)

View Item View Item