Aktivitas siswa dalam mengikuti program religious culture di sekolah pengaruhnya terhadap akhlak siswa

Fadilah, Erik (2018) Aktivitas siswa dalam mengikuti program religious culture di sekolah pengaruhnya terhadap akhlak siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di SMPN 1 Cileunyi melalui observasi, diketahui bahwa SMPN 1 Cileunyi mempunyai program pembinaan akhlak yang disebut religious culture. Namun realitas menunjukan hasil yang belum maksimal. Berdasarkan informasi dari salah satu guru PAI SMPN 1 Cileunyi masih ada siswa yang jarang shalat, belum bisa membaca al-Quran, tidak disiplin dalam menjalankan peraturan sekolah, kebiasaan mencontek saat ujian masih sering terjadi, masih suka buang sampah sembarangan, cenderung berperilaku tidak baik dan tidak sopan, berkata kasar, sulit diatur ketika pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui realitas aktivitas siswa dalam mengikuti program religious culture di SMPN 1 Cileunyi, realitas akhlak siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi, serta pengaruh aktivitas siswa mengikuti program religious culture di sekolah terhadap akhlak siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Penelitian ini bertolak dari suatu pemikiran bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi akhlak adalah kebiasaan, lingkungan, budaya religius (religious culture). Sehingga hipotesis yang diajukan yakni semakin tinggi tingkat religious culture sekolah, maka akan semakin tinggi akhlak siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah pendekatan analisis parsial yang menghasilkan variabel X berdistribusi normal dan variabel Y berdistribusi normal maka korelasi ini menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religious culture sekolah termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 3,47, akhlak siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,56. Sedangkan hubungan antara religious culture dengan akhlak siswa berkorelasi positif dan signifikan. Koefisien korelasi sebesar 0,68 termasuk ke dalam kategori sedang. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung lebih besar dari t tabel yakni 6,02 > 2,963 diartikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Koefisien determinasi mencapai sebesar 46,24%. Hal ini berarti masih terdapat 53,76% faktor lain yang mempengaruhi akhlak siswa selain dari program religious culture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Religious Culture; Akhlak
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erik Fadilah
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:02
Last Modified: 25 Oct 2018 02:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16085

Actions (login required)

View Item View Item