Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem: Penelitian Terhadap Siswa Kelas X Ipa Sman 21 Bandung

Dewi, Nur (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem: Penelitian Terhadap Siswa Kelas X Ipa Sman 21 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-ABSTRAK.docx.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-DAFTAR ISI.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-BAB I.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran biologi diperlukan suatu cara atau model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran yang menggunakan Discovery Learning, untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model Discovery Learning, untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi ekosistem tanpa menggunakan model Discovery Learning,untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap hasil belajar dengan menggunakan model Discovery Learning,untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi yang diambil adalah siswa kelas X SMAN 21 Bandung yang berjumlah 5 kelas yang berjumlah 175 orang. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 3 dan X MIPA 5. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data terdiri dari pretest, posttest, lembar observasi, dan angket skala sikap. Berdasarkan hasil penelitian analisis data keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan Discovery Learning terlaksana sangat baik dengan persentase 95,83%, Hasil belajar siswa yang menggunakan model Discovery Learning pada materi ekosistem di dapat nilai rata-rata pretest 43,91 dengan kategori rendah, rata-rata posttest 73,03 dengan kategori tinggi dan gain 28,50, Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model Discovery Learning pada materi ekosistem di dapat nilai rata-rata pretest 44,44 dengan kategori rendah, rata-rata posttest 67,82 dengan kategori cukup dan gain 23,56, Respon siswa terhadap model Discovery Learning pada materi ekosistem tergolong ke dalam kategori kuat dengan persentase 79,49%. Model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem, dengan Thitung 2,27 > Ttabel 1,99.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran; Discovery Learning; Ekosistem
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Fitriani Dewi
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:28
Last Modified: 24 Oct 2018 04:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16073

Actions (login required)

View Item View Item