Keberagamaan peserta didik melalui pembiasaan praktik keislaman di SMAN 1 Karawang

Karwati, Tuti (2018) Keberagamaan peserta didik melalui pembiasaan praktik keislaman di SMAN 1 Karawang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya kasus degradasi moral yang terjadi pada remaja saat ini, seperti halnya berbicara kotor, bolos pada jam belajar, buang sampah sembarangan, tawuran antar pelajar, minum-minuman keras, narkoba, tindak kekerasan (bullying), geng motor, pelecehan seksual, dan lain sebagainya adalah dampak negatif dari kemajuan teknologi informasi yang tidak diimbangi dengan penanaman keimanan dan nilai-nilai Islam dalam diri remaja. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tujuan, program, implementasi, Evaluasi, faktpr pendukung dan penghambat dan tingkat efektivitas. Teori yang dipakai dalam penelitian ini diambil dari teorinya Zakiyah Darajat bahwa ada tiga cara yang dapat ditempuh untuk menerapkan keberagamaan pada peserta didik, yaitu melalui pemahaman dan pengertian, melalui anjuran dan imbauan dan melalui latihan membiasakan diri serta mengulang-ulang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil lokasi di SMAN 1 Karawang. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru dan siswa SMAN 1 Karawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan setelah mengumpulkan data dan diolah dengan menggunakan display data, reduksi data sehingga menghasilkan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini: Tujuanya untuk mencetak generasi-generasi yang Islami berguna bagi masyarakat menambah wawasan pengetahuan dan penguasaan khususnya ilmu keagamaan, Programnya, dituangkan dalam kegiatan harian, mingguan, bulanan, tahunan, dan kegiatan insidental. Implementasinya, dapat kita lihat dari pelaksanaan beberapa program yang sudah dilaksanakan dalam berakidah, beribadah dan dalam berakhlak melalui program harian, mingguan, bulanan, tahunan dan insidental yang sudah dilaksanakan dalam berakidah, beribadah dan berakhlak, melalui program harian, mingguan, bulanan, tahunan dan insidental. Evaluasi keberagamaan peserta didik melalui pembiasaan praktik keislaman pada SMAN 1 Karawang sebelum melakukan pembiasaan praktik keislaman tidak terlalu menonjol, namun setelah melakukan terdapat perubahan pada peserta didik sehingga memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, disiplin, dan kerjasama yang baik antar peserta didik, Faktor Pendukung keberlangsungan program keagamaan meliputi dua faktor yaitu faktor media pembelajaran, dan berupa keterampilan siswa yang memudahkan dalam pembelajaran keagamaan. Adapun faktor penghambatnnya, adalah latar belakang keluarga yang kurang memberikan dukungan terhadap perkembangan keagamaan peserta didik dan orientasi mobilitas peserta didik yang masih kurang, Tingkat efektivitas keberagamaanya dapat dilihat dari sisi (Transfer of Knowledge) , (Transfer of Action), dan (Transfer of value. Simpulannya, bahwa keberagamaan peserta didik melalui pembiasaan praktik keislaman di SMAN 1 Karawang sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan, walaupun masih ada kekurangan disana sini. ENGLISH: This research is motivated by the existence of moral degradation case that happened at the moment, such as information talking dirty, skipping during school hours, littering, brawl between students, liquor, drugs, bullying, motorcycle gang, sexy harassment, and what else happens negatively from the advancement of information technology that is not matched by the planting of faith and Islamic values in adolescents. The purpose of research to know the program, strategy, implementation and implication. The theory used in this study is taken from Zakiyah Darajat's theory that there are three ways that can be applied to apply diversity to the participants, through understanding and understanding, through suggestions and appeals and through the practice of getting used to and repeating. This research uses qualitative method and take location in SMAN 1 Karawang. Data source from this research is principal and teacher and student of SMAN 1 Karawang. Professional data collection techniques, interviews, and documentation. The process of data analysis is done after collecting data and processed by using the data display, reduction of data generated den conclusion. The results of this study: The program, poured in daily activities, weekly, monthly, annual, and incidental activities. Strategies, with habituation of learners, the application of uniforms, Clothing and atmosphere, discussion and good communication to learners, good examples, and good relationships with learners. Implementation includes: inculcating and evoking religious beliefs, social ethics, good habits & uswatun khasanah, conducive school conditions, Qur'ani school system, improving cooperation and community friendship, organizing Rohis, and placing the role of exculptor. The implications, decreased levels of student disturbance, better daily behavior, better behavior at home and at school. Thus created the attitude of leadership, obedience and discipline, responsibility, attitude sportsmanship, love the environment and help.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keberagamaa; Peserta Didik; Pembiasaan; Keislaman
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tuti Karwati
Date Deposited: 24 Oct 2018 00:54
Last Modified: 12 Jan 2022 08:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item