Pengaruh media pembelajaran animasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi ekosistem : Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Triyaasa Ujung Berung Kota Bandung.

Masruroh, Hilfa (2018) Pengaruh media pembelajaran animasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi ekosistem : Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Triyaasa Ujung Berung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAN III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka..pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan temuan dilapangan pada siswa kelas VII SMP Triyasa ujung berung bandung. proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Karena guru hanya menggunakan metode dan media yang digunakan belum bervariasi, kondisi tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. menggunkan media animasi sebagai salah satu media dari beberapa media pembelajaran yang dianggap dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan pembelajaran ini yaitu untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan media animasi dan tanpa menggunakan media animasi. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan respon media animasi terhadap media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan design penelitian Nonequivalen Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas VII C sebagai kelas Eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan testulis berupa pilihan ganda pada pretest dan postest, lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran media animasi dan tanpa menggunakan media animasi pada materi ekosistem diperoleh nilai rata-rata tes awal mendekati 50%, nilai terakhir mendekati 90%, dan nilai N-gain sebesar 1.31. hasil uji Man Whitney dan N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung (45.41) > t tabel(2,00) pada tarafsignitifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media animasi berpengaruh positif dan signitifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh;media;Hasil Belajar;Ekosistem
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Hilfa Masruroh
Date Deposited: 26 Oct 2018 02:50
Last Modified: 26 Oct 2018 02:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16021

Actions (login required)

View Item View Item