Penerapan Lembar Kerja Praktikum Tipe Science Writing Heuristic (SWH) berorientasi Keterampilan Proses Sains pada Praktikum Koloid (Penelitian Kelas terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA Yadika Cicalengka)

Sri Maryani, Sri (1210208091) (2014) Penerapan Lembar Kerja Praktikum Tipe Science Writing Heuristic (SWH) berorientasi Keterampilan Proses Sains pada Praktikum Koloid (Penelitian Kelas terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA Yadika Cicalengka). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Pembelajaran yang hanya menekankan pada hapalan materi dan berpusat pada guru dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memperoleh makna dalam belajar dan mengaplikasikan sains untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada, oleh karena itu dikembangkan pembelajaran Science Writing Heuristic berorientasi keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains yang dikembangkan meliputi keterampilan merencanakan praktikum, mengajukan pertanyaan, mengamati, membuat hipotesis, menyimpulkan, dan mengomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kemampuan keterampilan proses sains siswa , dan menganalisis tanggapan siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian kelas, model pembelajaran diimplementasikan terhadap 32 siswa kelas XI IPA di SMA Yadika Cicalengka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar kerja praktikum, lembar observasi KPS, dan angket. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap aktivitas guru dan siswa, pengisian LKP, observasi KPS siswa, dan penyebaran angket yang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk setiap tahapan pembelajaran secara keseluruhan aktivitas siswa terlaksana dengan baik. Kemampuan Keterampilan Proses Sains siswa pada seluruh indikator KPS yang dikembangkan berdasarkan hasil pengisian LKP memperoleh nilai rata-rata 72,9 dan berdasarkan observasi memperoleh nilai rata-rata 81,6 dan mendapat kategori baik. Tanggapan siswa menyatakan bahwa penerapan SWH mudah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Science Writing Heuristic (SWH), Keterampilan Proses Sains, koloid
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 19 May 2016 04:27
Last Modified: 25 May 2016 05:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item