Pemanfaatan Media Online dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi: Studi Fenomenologi Mahasiswa Jurnalistik Anggota Jurnalposmedia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Komarudin, Egi (2018) Pemanfaatan Media Online dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi: Studi Fenomenologi Mahasiswa Jurnalistik Anggota Jurnalposmedia UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran media online saat ini menjadi sumber informasi bagi khalayak terutama mahasiswa. Berbagai kemudahan seperti akses informasi yang cepat dan praktis dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan, menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan dengan media lainnya. Selain itu, keberadaan media online yang dengan mudah diakses melalui internet yang erat kaitannya dengan mahasiswa yang melek akan kecanggihan teknologi. Sehingga, membuat media online paling mudah diakses dalam mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mahasiswa jurnalistik anggota jurnalposmedia dalam memanfaatkan media online detikcom dalam pemenuhan kebutuhan informasi berdasarkan pada tiga aspek yaitu sikap, pemahaman dan pengalaman. Teori penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alferd Schutz dimana penelitian mengenai pemanfataan media online detikcom oleh mahasiswa jurnalistik anggota jurnalposmedia UIN Bandung dalam pemenuhan kebutuhan informasi lebih ditekankan pada tiga aspek yaitu sikap, pemahaman dan pengalaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi fenomenologi, dimana metode ini berusaha menggambarkan suatu fenomena atau peristiwa dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung. Metode ini menyusup ke dalam pengalaman seseorang secara menyeluruh, memaparkan struktur pengalaman dan berusaha menangkap tema-tema utama dan pemaknaan orang tersebut terhadap pengalamannya. Hasil dari penelitian ini, yaitu: pertama, sikap mahasiswa jurnalistik anggota jurnalposmedia dalam memanfaatkan media online detikcom mengakui bahwa media online lebih mudah akses, memuji detikcom praktis dengan menggunakan smartphone dan menegaskan media online lebih hemat biaya. Kedua, pemahaman mahasiswa jurnalistik anggota jurnalposmedia dalam memanfaatkan media online detikcom menyatakan bahwa detikcom mempunyai keunggulan cepat update informasi dan konten atau kanal informasi sudah lengkap sesuai dengan kebutuhan khalayak. Ketiga, berdasarkan pengalaman mahasiswa jurnalistik anggota jurnalposmedia dalam memanfaatkan media online detikcom menunjukan, detikcom dijadikan sebagai referensi belajar terutama dalam penulisan berita dan penyaring informasi dari berbagai media lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Online;Fenomenologi;Detikcom;Mahasiswa
Subjects: Social Process > Public Opinion
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Egi Komarudin
Date Deposited: 25 Oct 2018 01:56
Last Modified: 25 Oct 2018 01:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15931

Actions (login required)

View Item View Item