Penerapan pembelajaan flipeed classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan: penelitian pre ekserimen terhadap siswa kelas IX MIA-2 MAN 2 Sumedang

Khotimah, Hani Husnul (2018) Penerapan pembelajaan flipeed classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan: penelitian pre ekserimen terhadap siswa kelas IX MIA-2 MAN 2 Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan berpikir kritis. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI MIA-2 MAN 2 Sumedang dengan subjek sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperiment one grup pretest-postest. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan lembar observasi. Data untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari tes uraian, sedangkan keterampilan berpikir kritis siswa selama proses pembelajaran diketahui dari hasil LKS di rumah dengan bantuan diskusi online dan observasi ketika di kelas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas siswa ketika di rumah sebesar 94% dengan kategori sangat baik dan ketika di kelas sebesar 83% dengan kategori baik. Hasil penyelesaian LKS sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa selama proses pembelajaran tergolong baik terlihat dari nilai rata-rata kelompok belajar selama proses pembelajaran berturut-turut dari kelompok 1, 2, 3, 4, 5, 6 yakni 76, 87, 92, 47, 76, 71. Terdapat pula analisis dari uji hipotesis menggunakan softwere SPSS IBM 23 signifikansi 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, dengan rata-rata n-gain 0,63 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran flipped classroom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran flipped classroom; keterampilan berpikir kritis; kelarutan dan hasil kali kelarutan
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Hani Husnul Khotimah
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:04
Last Modified: 29 Oct 2018 04:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15892

Actions (login required)

View Item View Item