Penerapan model pembelajaran quantum teaching berbasis praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses Sains peserta didik pada materi suhu dan kalor

Ramadhan, Abdul Latif (2018) Penerapan model pembelajaran quantum teaching berbasis praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses Sains peserta didik pada materi suhu dan kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model Quantum Teaching berbasis praktikum dan peningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-exsperiment dengan one-group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SMA N 27 Bandung. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA yang berjumlah enam kelas. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA IV dengan jumlah peserta didik 32 menggunakan teknik random samping . Data keterlaksanaan aktivitas guru dan pesera didik diperoleh dari lembar observasi dan data peningkatan KPS diperoleh dari skor pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan rata-rata keterlaksanaan model Quantum Teaching mencapai 95% dalam kategori sangat baik untuk aktivitas guru dan 90% untuk aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik. Terdapat peningkatan keterampilan proses sains setelah menerapkan model Quantum Teaching berbasis praktikum dengan nilai rata-rata N-gain 0.83 dalam kategori tinggi. Dengan demikian model pembelajaran Quantum Teaching berbasis praktikum dapat diterapkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching; Keterampilan Proses Sains; Praktikum; Suhu dan Kalor;
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Abdul Latif Ramadhan Ramadhan
Date Deposited: 26 Oct 2018 07:03
Last Modified: 26 Oct 2018 07:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item