Pengaruh Strategi Pembelajaran TEQ (Thinking Empowerment by Question) terhadap Metakognitif Siswa pada Materi Sistem Koordinasi : Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMAN 27 Bandung

Koswara, Nopy Melina (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran TEQ (Thinking Empowerment by Question) terhadap Metakognitif Siswa pada Materi Sistem Koordinasi : Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMAN 27 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian terhadap metakognitif siswa, sehingga belum diberdayakan secara sengaja dalam pembelajaran. Hal tersebut mengindikasikan banyaknya siswa yang mengalami kesulitan belajar. Ketika hal ini tidak diintervensi maka dapat menyulitkan siswa pada pendidikan lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan strategi TEQ, menganalisis metakognitif siswa dengan dan tanpa menggunakan strategi TEQ, menganalisis pengaruh strategi pembelajaran TEQ terhadap metakognitif siswa, dan menganalisis respon siswa terhadap pembelajaran dengan strategi TEQ. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran kelas kontrol dan eksperimen memperoleh nilai rata-rata 95,83% dan 97,05% (sangat tinggi). Kemampuan metakognitif siswa pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 72,46 dan 73,86 (berkembang baik) dan metakognitif siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 62,65 dan 63,55 (berkembang baik). Respon siswa terhadap pembelajaran dengan strategi TEQ memperoleh nilai rata-rata 76,47% (memenuhi kriteria). Pengujian hipotesis menunjukkan t_hitung (0,34) < t_tabel (1,99), sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi TEQ tidak berpengaruh secara signifikan terhadap metakognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi TEQ;Kemampuan Metakognitif
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: nopy melina koswara
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:53
Last Modified: 22 Oct 2018 06:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15877

Actions (login required)

View Item View Item