Korelasi antara keterampilan Hand-Drawing dengan keterampilan berpikir kreatif Siswa melalui model pembelajaran Picture And Picture pada materi sistem Pencernaan

Indrianto, Laksono (2018) Korelasi antara keterampilan Hand-Drawing dengan keterampilan berpikir kreatif Siswa melalui model pembelajaran Picture And Picture pada materi sistem Pencernaan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dan mengembangkan ide pada proses pembelajaran karena rendahnya keterampilan berpikir kreatif yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan antara keterampilan Hand-drawing dengan keterampilan berpikir kreatif siswa pada sekolah menengah atas tahun ajaran 2017/2018 di Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan metode penelitian korelasional. Desain penelitian menggunakan metode exposed facto. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes esai, rubrik keterampilan hand-drawing, angket, dan lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, N-gain, regresi dan korelasi. Hasil analisis data keterampilan hand-drawing Thitung(3,714)<Ttabel (7,81) dan keterampilan berpikir kreatif siswa Thitung(2,968)<Ttabel(7,81) keduanya berdistribusi normal. Sedangkan keterampilan hand-drawing menggunakan model pembelajaran picture and picture diperoleh persentase sebesar 74,4 % dengan kriteria baik dan keterampilan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran picture and picture diperoleh gain sebesar 12,6, sedangkan nilai N-Gain sebesar 0,3 dengan tafsiran sedang. Kesimpulan pada penelitian ini diperoleh nilai Thitung (7,411) > Ttabel (2,07). Artinya pada taraf signifikansi 5% dan koefisien korelasi sebesar 0,728 terdapat hubungan yang kuat antara keterampilan hand-drawing dengan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran picture and picture pada materi sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hand-Drawing; Korelasi; Sistem; Pencernaan; Berpikir;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: laksono indrianto
Date Deposited: 26 Oct 2018 07:37
Last Modified: 26 Oct 2018 07:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15873

Actions (login required)

View Item View Item