Metode bimbingan mental Rohani Islam dalam meningkatkan keimanan Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat di Bintaldam III/Siliwangi

Ahmadiana, Isye (2018) Metode bimbingan mental Rohani Islam dalam meningkatkan keimanan Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat di Bintaldam III/Siliwangi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan mental rohani islam adalah proses pemberian bantuan, pemeliharaan, pengembangan, dan pengobatan ruhani dari segala macam gangguan dan penyakit yang telah mengotori kesucian fitrah ruhani manusia agar selamat sejahtera dunia akhirat. Bimbingan mental rohani islam juga dapat dipahami secara keseluruhan yakni membangun kesehatan karakter yang mencakup psikomotorik dan kognisi individu untuk menjalani keharmonisan yang sehat antara individu dengan dirinya sendiri sekaligus dengan lingkungannya, serta memantapkan keimanan kepada Allah SWT dan mencintai kehidupan sekitar. Dalam menanamkan keimanan prajurit yang berdasar dari kesadaran diperlukan bimbingan mental rohani islam yang terarah, terkendali dan terus menerus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) apa saja metode yang digunakan; 2) apa saja masalah yang dihadapi pada kegiatan; dan 3) bagaimana hasil bimbingan mental rohani islam dalam meningkatkan keimana prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat di Bintaldam III/Siliwangi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan pembimbing rohani islam dan prajurit serta pengumpulan dokumentasi. Juga memberikan gambaran sesuai fakta dilapangan mengenai metode bimbingan mental rohani islam dalam meningkatkan keimanan prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat di Bintaldam III/Siliwangi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa metode yang digunakan bimbingan rohani islam ini adalah metode ceramah dan tanya jawab. Masalah yang dihadapi pada kegiatan bimbingan mental rohani islam terdiri dari: masalah teknis dan ketidak hadiran prajurit karena tugas khusus atau adanya kegiatan lain. Hasil dari bimbingan mental rohani islam dalam meningkatkan keimanan Prajurit merasakan adanya peningkatan di bidang 1) ibadah seperti menunaikan kewajiban shalat diawal waktu dan yang dulunya shalat munfarid sekarang lebih sering shalat berjama’ah di masjid serta sering menunaikan puasa sunnah senin kamis; 2) iman seperti iman kepada hari akhir, percaya akan kebesaran dan keagungan Allah; dan 3) rasa bersyukur dengan salah satu caranya adalah bersedekah kepada yang lebih membutuhkan dengan itu mereka merasa bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Mental Rohani Islam; Keimanan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Isye Ahmadiana
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:35
Last Modified: 18 Oct 2018 04:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15861

Actions (login required)

View Item View Item