Pengembangan bahan ajar pada materi pemanasan global berbasis contextual teaching and learning

Susilawati, Wida (2018) Pengembangan bahan ajar pada materi pemanasan global berbasis contextual teaching and learning. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan produk bahan ajar yang dikembangkan, mendeskripsikan efektivitas bahan ajar dan respon siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Research and Dvelopment (R&D). dengan model 3-D (define, design develop). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Al-Islam Bandung yang berjumlah 28 orang. Instumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian dibagi atas 3 yaitu lembar validasi ahli, soal tes hasil belajar (posttest) dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi produk bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) memenuhi kategori valid dengan persentase keseluruhan yaitu 77%. (2) Untuk uji coba keefektifan bahan ajar memenuhi kategori efektif dengan persentase rata-rata sebesar 73% terkualifikasi sedang. (3) hasil analisis respon siswa mendapat persentase sebesar 83% dan dikategorikan baik. Dengan demikian dapat disimpilkan bawha hasil pengembangan bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai sumber belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Research and Dvelopment; Contextual Teaching and Learning
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Wida Susilawati
Date Deposited: 26 Oct 2018 06:10
Last Modified: 26 Oct 2018 06:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15832

Actions (login required)

View Item View Item