Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Kelalaian Mengemudikan Kendaraan Bermotor Mengakibatkan Kematian dalam Putusan Pengadilan Negeri Sibolga No.126/Pid.B/2014/PN-Sbg

Pamungkas, Mahbub (2018) Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Kelalaian Mengemudikan Kendaraan Bermotor Mengakibatkan Kematian dalam Putusan Pengadilan Negeri Sibolga No.126/Pid.B/2014/PN-Sbg. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Lalu lintas merupakan sarana manusia dalam mobilitas kehidupan. Semakin tinggi mobilitas manusia, semakin tinggi pula intensitas lalu lintas. Dalam berlalu lintas seringkali mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Terjadinya kecelakaan dipengaruhi beberapa faktor salah satunya yaitu faktor kekurang hati-hatian atau kelalaian manusia dalam mengoperasikan kendaraannya, Dalam kecelakaan pastilah adanya korban yang mengalami kerugian maupun penderitaan. Kerugiaan materiil maupun imateriil, fisik maupun nonfisik. Untuk itu, perlu dikaji mengenai sanksi terhadap adanya kelalaian mengemudikan kendaraan bermotor mengakibatkan korban meninggal dunia. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan pengetahuan keilmuan khususnya khasanah pengembangan tentang hukum Islam, terutama berkaitan dengan sanksi ganti rugi pada korban kecelakaan. Secara praktis, penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangan khususnya masalah bagaimana menentukan kesalahan terdakwa dalam suatu putusan pengadilan Penelitian ini meneliti tentang dasar pertimbangan hakim dalam menentukan sanksi pada Putusan Pengadilan Negeri Sibolga No.126/Pid.B/2014/PN-Sbg. dan bagaimana analisis Hukum Pidana Islam terhadap sanksi Kelalaian Mengemudikan Kendaraan Bermotor Mengakibatkan Kematian dalam Putusan Pengadilan Negeri Sibolga No.126/Pid.B/2014/PN-Sbg. Penelitian ini adalah penelitian normatif dengan pendekatan analisis kasus, dimana data primernya adalah Putusan Pengadilan Negeri Sibolga No.126/Pid.B/2014/PN-Sbg tentang kelalaian yang menyebabkaan kematian dan didukung oleh data sekunder yang terkait untuk menjelaskan data primer. Penelitian ini membahas tentang “Analisis Hukum Pidana Islam Terhadap Kelalaian Mengemudikan Kendaraan Bermotor Mengakibatkan Kematian dalam Putusan Pengadilan Negeri Sibolga No.126/Pid.B/2014/PN-Sbg. Hasil dari penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan Pada putusan Pengadilan Negeri Sibolga: Nomor .126/Pid.B/2014/PN-Sbg terdakwa yang bernama Agustian Panjaitan dijatuhi pidana penjara selama 9 (sembilan) bulan, perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam 310 ayat (4) UU No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan angkutan Jalan. Dengan mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan hal-hal yang akan meringankan. Dan menurut hukum pidana islam hukuman tersebut dikategorikan pada jarimah ta’zir, dengan melihat perimbangan-pertimbangan yang memberatkan maupun yang meringankan terdakwa. Karena dalam hukuman ta’zir hukumannya bisa berat atau ringantergantung pada proses pengadilan atau otoritas hakim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan; Hukum; Pidana; Islam; Kelalaian; Kematian; Putusan; Pengadilan; Negeri; Sibolga
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perbandingan Hukum Pidana Islam dengan Hukum Lain
Culture and Institutions > Deaths
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: mahbub pamungkas Abub
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:23
Last Modified: 18 Oct 2018 03:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15821

Actions (login required)

View Item View Item