Pembuatan perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi

Purwandini, Tika (2018) Pembuatan perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy

Abstract

Perangkat penilaian (assessment) berorientasi literasi kimia masih terbilang baru dan terbatas sehingga belum banyak yang mengembangkan perangkat penilaian berorientasi literasi kimia ini. Telah dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan hasil analisis dan pengembangan pada pembuatan perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi, mendeskripsikan hasil validasi dan perbaikan pada perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi, dan mendesksripsikan hasil uji kelayakan pada perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi. Perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi ini dibuat dengan metode Design Based Research (DBR) dengan tahapan model 4-D yang dibatasi sampai tahap pengembangan (develop). Hasil uji validitas dan kelayakan menunjukkan bahwa perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi ini valid dengan nilai rhitung rata-rata sebesar 0,87 dengan persentase kelayakan 88% dan uji keterbacaan sebesar 85%. Berdasarkan uji reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran, perangkat penilaian ini dinyatakan reliabel dengan daya pembeda baik, dan tingkat kesukaran yang sedang. Soal literasi kimia pada konsep laju reaksi mengandung 4 dimensi literasi kimia dengan sebaran dimensi 38,1% untuk konten dan proses dan 18,1% untuk dimensi konteks dan sikap. Berdasarkan hasil rata-rata rhitung dan uji coba soal berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi, maka perangkat penilaian ini dapat digunakan sebagai alat penilaian literasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Penilaian (Assessment), Literasi Kimia, Laju Reaksi
Subjects: Education
Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: purwandini tika purwandini
Date Deposited: 23 Oct 2018 09:03
Last Modified: 23 Oct 2018 09:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15805

Actions (login required)

View Item View Item