Peranan kepala desa dalam rangka pelaksanaan otonomi desa menurut UU no. 6 tahun 2014 tentang desa ditinjau dari siyasah dusturiyah: Studi kasus Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Suminar, Deda (2018) Peranan kepala desa dalam rangka pelaksanaan otonomi desa menurut UU no. 6 tahun 2014 tentang desa ditinjau dari siyasah dusturiyah: Studi kasus Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy

Abstract

Peranan Kepala Desa sangat berpengaruh terhadap suatu desa. Kepala Desa memiliki peran penting dalam bidang pemerintahan desa, bidang pembngunan, bidang kemasyarakatan, dan dalam bidang pemberdayaan masyarakat karena hal ini sudah diatur dalam UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; a. posisi Kepala Desa dalam struktur Pemerintahan Republik Indonesia menurut UU No 6 Tahun 2014, b. peranan Kepala Desa Cileunyi Kulon dalam pelaksanaan kebijakan pemerintahan tingkat Desa menurut UU No 6 Tahun 2014, c. tinjauan siyasah dusturiyah dalam peranan Kepala Desa menurut UU No 6 Tahun 2014. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa tujuan dari siyasah dusturiyah adalah untuk mewujudkan kemaslahatan umat, kemaslahatan umat itu akan tercapai jika kebutuhan masyarakat terpenuhi dan terlindungi. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case studi) metode ini digunakan untuk mengamati, serta mendeskripsikan suatu kajian tentang peranan Kepala Desa dalam rangka pelaksanaan otonomi Desa menurut UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa ditinjau dari siyasah dusturiyah (studi kasus desa Cileunyi Kulon kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung). Data yang ditemukan menunjukkan bahwa peranan Kepala Desa Cileunyi Kulon dalam bidang pemberdayaan masih belum dirasakan sepenuhnya oleh warga masyarakat desa Cileunyi Kulon tersebut terutama dalam penanaman budidaya cengek danpemberdayaan lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) Posisi Kepala Desa dalam struktur Pemerintahan Republik Indonesia yaitu sebagai penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksana pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. 2) Bahwa peranan Kepala Desa sangatlah penting dalam setiap desanya karena akan berpengaruh terhadap kemajuan suatu desa, Namun, peranan Kepala Desa Cileunyi Kulon belum maksimal terutama dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Hal ini, banyak warga masyarakat desa Cileunyi Kulon yang belum merasakan peranan Kepala Desa dalam bidang pemberdayaan. 3) Berdasarkan tinjauan siyasah dusturiyah bahwa peranan Kepala Desa Cileunyi Kulon belum sesuai dengan kaidah siyasah dusturiyah karena masyarakat desa Cileunyi Kulon masih belum sepenuhnya merasakan dalam hal bidang pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan Kepala Desa; otonomi desa; siyasah dusturiyah;
Subjects: Political Ethics > Duties of The State
Constitutional and Administrative Law > Basic Instrument of Government
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Deda Suminar
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:05
Last Modified: 18 Feb 2020 03:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15730

Actions (login required)

View Item View Item