Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode pembelajaran kooperatif tipe point counter point

Khaerunnisa, Rani Angraeni (2018) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode pembelajaran kooperatif tipe point counter point. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi dalam mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan prosentase belajar siswa dikelas sebelumnya sebesar 54,1% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah mereka merasa bosan dengan proses belajar yang monoton dan tidak menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif tipe Point Counter Point untuk diterapkan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe Point Counter Point dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya pada siswa kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi, proses peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya pada siswa kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif tipe Point Counter Point. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas, di dalamnya terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan diakhiri dengan refleksi, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS meningkat melalui metode pembelajaran Kooperatif tipe Point Counter Point. peningkatan tersebut dapat dibuktikan sebagai berikut: 1) penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe Point Counter Point terdapat peningkatan aktivitas guru dan juga siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai prosentase 84,6%, sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai persentase 91%. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai prosentase 82,5%, sedangkan pada siklus II mencapai persentase 90% 2) terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 71,6 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,3 dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 69% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 94%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, membuktikan bahwa metode pembelajaran Kooperatif tipe Point Counter Point mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; IPS; Kooperatif point counter point;
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rani angraeni khaerunnisa
Date Deposited: 26 Oct 2018 06:25
Last Modified: 26 Oct 2018 06:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15728

Actions (login required)

View Item View Item