Pengembangan bahan ajar pada materi perubahan lingkungan berorientasi Predict Observe Explain: penelitian dan pengembangan pada Siswa Kelas XI MAN Purwakarta Kab. Purwakarta

Munawaroh, Siti Nurlaela (2018) Pengembangan bahan ajar pada materi perubahan lingkungan berorientasi Predict Observe Explain: penelitian dan pengembangan pada Siswa Kelas XI MAN Purwakarta Kab. Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bahan ajar pada materi perubahan lingkungan berorientasi Predict Observe Explain (POE), mendeskripsikan efektivitas produk bahan ajar dan respon siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 3D (define, design, dan develop). Uji coba terbatas dilakukan di MAN Purwakarta dengan subyek penelitian kelas XI MIA 4 sebanyak 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi produk bahan ajar berorientasi Predict-Observe-Explain (POE) dikategorikan valid dan dapat dijadikan sumber belajar dengan persentase 75%, (2) hasil analisis persentase nilai keseluruhan siswa mencapai 90% terkualifikasi tinggi, (3) hasil analisis respon siswa memperoleh kriteria 3,56 terkualifikasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar pada materi perubahan lingkungan berorientasi Predict Observe Explain (POE) dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai sumber belajar dan efektif dalam memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; perubahan lingkungan; research and development; predict observe explain
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: siti nurlaela
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:25
Last Modified: 16 Oct 2018 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15708

Actions (login required)

View Item View Item