Pengaruh metode menggambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi: Penelitian quasi eksperimen pada Kelas XI MAN Cimahi

Abryani, Krisma (2018) Pengaruh metode menggambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi: Penelitian quasi eksperimen pada Kelas XI MAN Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran menggambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi sistem ekskresi manusia. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 MAN Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain Nonequivalen Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Observasi untuk mengetahui keterlaksanaan kegiatan guru dan siswa, tes pilihan ganda (Pre-test dan Post-Test) berjumlah 20 soal untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan Angket untuk mengetahui respon siswa setelah pembelajaran dengan metode menggambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia dengan menggunakan metode menggambar diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,37 dengan kategori sedang pada kelas eksperimen, dan nilai N-Gain sebesar 0,16 dengan kategori rendah pada kelas kontrol. Perbedaan nilai N-Gain ini disebabkan oleh penggunaan metode menggambar pada kelas eksperimen. Hasil uji Mann Whitney pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 4,87 > 1,65, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya metode menggambar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Menggambar; Sistem Ekskresi
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: krisma abryani krisma abryani
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:43
Last Modified: 30 Apr 2019 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15671

Actions (login required)

View Item View Item