Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Beta Saham terhadap Return Saham pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index: Studi Kasus di PT. Adaro Energy Tbk.

Munir, Muhammad (2018) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Beta Saham terhadap Return Saham pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index: Studi Kasus di PT. Adaro Energy Tbk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap kinerja saham. Di samping itu, terdapat dugaan bahwa Earning Per Share (EPS) dan Beta Saham berpengaruh terhadap Return Saham. Hal tersebut dikemukakan oleh teori yaitu ketika Earning Per Share (EPS) naik dan Beta Saham naik maka Return Saham pun naik, begitu pula sebaliknya apabila Earning Per Share (EPS) turun dan Beta Saham turun maka Return Saham pun turun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham; (2) seberapa besar pengaruh Beta Saham terhadap Return Saham; (3) seberapa besar pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Beta Saham terhadap Return Saham PT. Adaro Energy Tbk periode triwulan 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan uji analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan Uji t, serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda, dan Uji f. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diolah dari laporan keuangan publikasi PT. Adaro Energy Tbk dan historis harga saham dari penyedia data keuangan Yahoo Finance sebagai bahan perhitungan beta saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan hasil Uji t dengan nilai thitung sebesar 0,081 dan nilai ttabel sebesar 2,228, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, karena thitung ≤ ttabel atau 0,081 ≤ 2,228 yang artinya Earning Per Share (EPS) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham; (2) berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan hasil Uji t dengan nilai thitung sebesar -0,317 dan nilai ttabel sebesar 2,228, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, karena thitung ≤ ttabel atau -0,317 ≤ 2,228 yang artinya Beta Saham tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham; (3) berdasarkan hasil perhitungan, bahwa nilai Fhitung sebesar 0,053 dan nilai Ftabel sebesar 4,26. Karena Fhitung ≤ Ftabel atau 0,053 ≤ 4,26 maka dapat disimpulkan bahwa Earning Per Share (EPS) dan Beta Saham tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 1,2%. Hal ini menunjukkan bahwa Earning Per Share (EPS) dan Beta Saham memberikan kontribusi terhadap tingkat Return Saham sebesar 1,2% dan sisanya sebesar 98,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Saham; Stock; Return; Imbal; Earning;Risk; Risiko; Earning Per Share; EPS;Beta
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Econmics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Financial Economics, Finance
Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Munir
Date Deposited: 18 Oct 2018 09:01
Last Modified: 18 Oct 2018 09:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item