Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap kinerja: studi pada pegawai Badan Pendapatan Daerah Palabuhanratu

Nurgina, Nurgina (2018) Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap kinerja: studi pada pegawai Badan Pendapatan Daerah Palabuhanratu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Setiap organisasi dalam pelaksanaan kerjanya memiliki tujuan yang ingin dicapai. Pencapaian tujuan organisasi dapat terwujud salah satunya dengan memiliki kinerja yang baik. Dengan kepemimpinan yang efektif dapat meningkatkan kinerja pegawai. Kepemimpinan efektif yang berkembang saat ini diantaranya adalah kepemimpinan transaksional dan transformasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial pengaruh positif gaya kepemimpinan transaksional terhadap kinerja, secara parsial pengaruh positif kepemimpinan transformasional terhadap kinerja, dan seberapa besar secara simultan pengaruh positif gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap kinerja pegawai Badan Pendapatan Daerah Palabuhanratu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Dimana dalam penelitian ini variabel yang memengaruhi adalah gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional sedangkan variabel yang dipengaruhi adalah kinerja. Jenis data yaitu data primer berupa pengambilan data secara langsung ke lapangan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh, dimana populasi pegawai Badan Pendapatan Daerah Palabuhanratu sebanyak 57 orang dijadikan sampel atau responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai thitung > ttabel (7,473 > 1,674). Dan secara parsial variabel kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai thitung > ttabel (4,414 > 1,674). Hasil secara simultan menunjukan bahwa semua variabel independen yaitu gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu kinerja. Nilai Rsquare sebesar 0,623 yang menunjukan bahwa 62,3% kinerja dapat dipengaruhi gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional, sisanya 37,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan transaksional; gaya kepemimpinan transformasional; kinerja
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nurgina Nurgina
Date Deposited: 15 Oct 2018 05:22
Last Modified: 15 Oct 2018 05:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item View Item