Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pad Materi Sistem Gerak Manusia

Nurfalah, Wiva (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pad Materi Sistem Gerak Manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peseta didik yang masih rendah berdasarkan ketuntasan hasil belajar dan masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM pada materi sistem gerak manusia, sehingga perlu adanya strategi baru untuk menunjang proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan keterlaksanaan, hasil belajar peserta didik, pengaruh pembelajaran strategi Learning Start with a Question. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket, dan studi dokumentasi. Adapun instrument yang digunakan adalah validasi, lembar observasi, tes hasil belajar, dan lembar kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa porses penerapan strategi Learning Start with a Question terlaksana dengan baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran strategi Learning Start with a Question menunjukan respon yang baik. Hasil belajar peserta didik dengan menerapkan strategi Learning Start with a Question memperoleh persentase ketuntasan KKM ≥50% dan kriteria penguasaan materi cukup. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas VIIIG dan VIII H menunjukan nilai thitung (11,49) > ttabel (2,05), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Data rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 49% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 26% peningkatan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi Learning Start with a Question dapat membantu hasil belajar peserta didik secara signifikan dan memiliki hasil belajar yang lebih baik pada materi sistem gerak manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Gerak;Hasil Belajar;Peserta didik;Learning Start with a Question
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: wiva nurfalah wiva nurfalah
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:38
Last Modified: 15 Oct 2018 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15649

Actions (login required)

View Item View Item